evaluasi dan pemecahan masalah lalu lintas pada ruas jalan pantura di kabupaten rembang (kaliori-sluke)

Annisa , Rachmawati and Gusfina , Tryandari (2014) evaluasi dan pemecahan masalah lalu lintas pada ruas jalan pantura di kabupaten rembang (kaliori-sluke). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
41Kb

Abstract

Jalur Pantura saat ini menunjukkan kemajuan perkembangan yang signifikan dari berbagai sektor, yang diprediksi akan meningkatkan distribusi pergerakan akibat bangkitan dan tarikan pergerakan yang sangat besar. Hal ini pasti akan berdampak pada kinerja Jalur Pantura sebagai jalan nasional, terutama pada segmen yang melintasi wilayah tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi kinerja beberapa ruas jalan dan simpang bersinyal pada Jalur Pantura di Kabupaten Rembang serta prediksinya di masa mendatang, berikut usulan pemecahan masalahnya. Analisis kinerja ruas jalan dan simpang bersinyal mengacu pada MKJI tahun 1997, sedangkan usulan penanganan yang diajukan merujuk pada RTRW Kabupaten Rembang tahun 2011-2031. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai DS tahun 2013 berturut-turut pada Jalan Kaliori, Simpang Taman Kartini, Simpang Masjid Lasem dan Sluke adalah sebesar 0,486, 0,848, 0,713 dan 0,324. Pada setiap simpang dilakukan resetiing waktu siklus lampu lalu lintas dan pengubahan LTOR untuk memperbaiki kinerjanya sebelum dilakukan prediksi kinerja di masa mendatang. Pada tahun 2020 dilakukan penambahan lajur pada Sluke dari 2/2 UD (DS = 0,849) menjadi 6/2 D (DS = 0,330). Pengoperasian Jalan Lingkar Dalam Perkotaan Rembang tahun 2016-2020 mengakibatkan penurunan DS pada Simpang Taman Kartini pada tahun 2021 ( DS = 0,669), tetapi pada tahun 2028 DS sudah mencapai 0,909. Oleh karena itu dilakukan pengubahan fase pada saat mulai dioperasionalkannya jalan lingkar tersebut sehingga didapat penurunan DS tahun 2021 menjadi 0,462 dan tahun 2008 menjadi 0,676. Dioperasionalkannya Jalan Lingkar Dalam Perkotaan Lasem pada tahun 2024, mengakibatkan penurunan DS pada Simpang Masjid Lasem menjadi 0,667 dan tahun 2028 nilai DS 0,807. Setelah Jalan Lingkar Luar Perkotaan Rembang dan Jalan Lingkar Dalam Perkotaan Rembang mulai beroperasi, diperkirakan terjadi penurunan DS sehingga kinerja ruas Jalan Kaliori dan Simpang Taman Kartini semakin baik. Hal ini terbukti dari nilai DS pada tahun 2028 untuk ruas Jalan Kaliori turun menjadi 0,687 dan Simpang Taman Kartini turun menjadi 0,517. Menurut RTRW Jalan Lingkar Luar Perkotaan Rembang akan dioperasionalkan pada tahun 2026 dan Jalan Lingkar Dalam Perkotaan Lasem pada tahun 2024. Akan tetapi dari hasil analisis, sebaiknya pengoperasionalan Jalan Lingkar Luar Perkotaan Rembang dipercepat menjadi tahun 2019 dan Jalan Lingkar Dalam Perkotaan Lasem menjadi tahun 2021. Kata kunci: Analisis kinerja lalu lintas, Pantura-Rembang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43862
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Oct 2014 08:04
Last Modified:08 Oct 2014 08:04

Repository Staff Only: item control page