HUBUNGAN ANTARA LAMA PENGGUNAAN VENTILATOR MEKANIK DENGAN KEJADIAN VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) PADA PASIEN NONSEPSIS DI ICU RSUP DR.KARIADI SEMARANG

Putri, Disa Yolanda and Budiono, Uripno (2013) HUBUNGAN ANTARA LAMA PENGGUNAAN VENTILATOR MEKANIK DENGAN KEJADIAN VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) PADA PASIEN NONSEPSIS DI ICU RSUP DR.KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
650Kb
[img]
Preview
PDF
430Kb
[img]
Preview
PDF
725Kb
[img]
Preview
PDF
321Kb
[img]
Preview
PDF
368Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

530Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

275Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

268Kb
[img]
Preview
PDF
1211Kb

Abstract

Latar Belakang : Ventilator mekanik merupakan salah satu aspek yang penting dan banyak digunakan bagi perawatan pasien yang kritis di Intensive Care Unit (ICU). Lama/durasi penggunaan ventilator mekanik diidentifikasi sebagai salah satu faktor penting pemicu VAP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaan ventilator mekanik dengan kejadian Ventilator Associated Pneumonia (VAP) pada pasien nonsepsis di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional (belah lintang). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode consecutive sampling di bagian rekam medik pada catatan medik pasien nonsepsis dengan ventilator mekanik lebih dari 48 jams yang dirawat di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang periode Januari hingga Juni 2012. Besar sampel yang diambil adalah 38 sampel. Data dideskripsikan dalam bentuk tabel dan grafik, dilakukan uji korelasi Lambda dengan SPSS for Windows 15. Hasil : Dari 38 sampel yang diperoleh, didapatkan 14 diantaranya terkena VAP dan 24 pasien tidak terkena VAP. Hasil uji korelasi didapatkan p=0,311 dan r=0,214. Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara lama penggunaan ventilator mekanik dengan kejadian Ventilator Associated Pneumonia (VAP) pada pasien nonsepsis di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang. Kata Kunci : Ventilator, Ventilator Associated Pneumonia (VAP)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:43765
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Oct 2014 09:33
Last Modified:01 Oct 2014 09:33

Repository Staff Only: item control page