PERBEDAAN POLA KEPEKAAN TERHADAP ANTIBIOTIK PADA Klebsiella sp. YANG MENGKOLONISASI NASOFARING BALITA : (Penelitian belah lintang pada balita yang tinggal di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang)

Kusuma, Dewi Ayu and Farida, Helmia and Firmanti, Stefani Chandra (2013) PERBEDAAN POLA KEPEKAAN TERHADAP ANTIBIOTIK PADA Klebsiella sp. YANG MENGKOLONISASI NASOFARING BALITA : (Penelitian belah lintang pada balita yang tinggal di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
315Kb
[img]
Preview
PDF
93Kb
[img]
Preview
PDF
175Kb
[img]
Preview
PDF
74Kb
[img]
Preview
PDF
160Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

116Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

97Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

47Kb
[img]
Preview
PDF
465Kb

Abstract

Latar Belakang Klebsiella sp. merupakan Bakteri Gram Negatif patogen yang berperan menyebabkan pneumonia. Permasalahan resistensi Klebsiella sp. yang mengkolonisasi nasofaring balita terhadap beberapa golongan antibiotik semakin kompleks sedangkan data pola kepekaan Klebsiella sp. pada balita belum ada. Tujuan Mengetahui perbedaan pola kepekaan terhadap antibiotik pada Klebsiella sp. yang mengkolonisasi nasofaring balita menurut lokasi tempat tinggal dan riwayat balita mengkonsumsi antibiotik 3 bulan terakhir di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang. Metode Penelitian ini bersifat observasional dan cross sectional. Subyek penelitian adalah balita usia 6 – 60 bulan yang memenuhi kriteria inklusi. Subyek diwawancara dan dilakukan pengambilan swab nasofaring. Hasil kultur dan isolasi swab nasofaring diidentifikasi jeni s kumannya dan dilakukan tes kepekaan antibiotik dengan menggunakan disk diffusion method. Pembacaan sesuai dengan kriteria CLSI 2012. Hasil Dari 174 subyek diperoleh kolonisasi Klebsiella sp. 2,9%. Tidak terdapat perbedaan pola kepekaan yang bermakna terhadap antibiotik amoxicillin-clavulanic acid, cefotaxime, ciprofloxacin, chloramphenicol, cotrimoxasol, gentamicin (p>0,05). Presentasi kepekaan antibiotik keseluruhan didapatkan amoxcilin-clavulanic acid, cefotaxime, multi drug resistant sebesar 100%, trimehropim-sulfamethoxazole 60%, chlorampenicol 40%, gentamicin 40%, ciprofloxacin 20%. Kesimpulan Tidak terdapat perbedaan pola kepekaan terhadap antibiotik pada Klebsiella sp. yang mengkolonisasi nasofaring balita menurut lokasi tempat tinggal di daerah tengah dan pinggiran kota Semarang dan riwayat balita mengkonsumsi antibiotik 3 bulan terakhir. Kata kunci Klebsiella sp., pola kepekaan antibiotik, MDR, Nasofaring balita tengah dan pinggir kota

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:43761
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Oct 2014 09:09
Last Modified:01 Oct 2014 09:09

Repository Staff Only: item control page