METODE RULE-BASE UNTUK ANALISIS MUTU PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI

Darsih, - and Dr. Rahmat Gernowo, M.Si and Dr. Suryono, S.Si, M.Si (2014) METODE RULE-BASE UNTUK ANALISIS MUTU PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI. METODE RULE-BASE UNTUK ANALISIS MUTU PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI .

[img]PDF
Restricted to Registered users only until 25 September 2019.

608Kb

Abstract

Menilai mutu e-learning matakuliah untuk mengukur keberhasilan sistem e-learning dalam pembelajaran secara online sangat penting. Sistem tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan. Penelitian analisa mutu e-learning matakuliah pada web site www.kulon.undip.ac.id digunakan kuesioner dengan pertanyaan berdasarkan variabel dari aspek pengelolaan pembelajaran e-learning. Penilaian tersebut digunakan skala 1 sampai 5 dengan aplikasi web base. Metode rule-base digunakan untuk matakuliah mutu dari e-learningyang dinilai. Studi kasus yang dilakukan pada empat e-learning matakuliah dengan sample 133 orang/responden sebagai pengguna e-learning matakuliah tersebut. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil baik untuk nilai e-learning dari setiap matakuliah yang diuji. Selain itu setiap e-learning matakuliah memiliki keunggulan yang berbeda-beda dari variabel tertentu. Kata Kunci : E-Learning, Rule-Base, Kuesioner, Mengukur.

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:43748
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Sep 2014 10:26
Last Modified:25 Sep 2014 10:26

Repository Staff Only: item control page