POLA DISLIPIDEMIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN JENIS KELAMIN PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Kartika P., Andromedae and Suhartono, Tony (2013) POLA DISLIPIDEMIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN JENIS KELAMIN PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
130Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb
[img]
Preview
PDF
186Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
292Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

277Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

150Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

84Kb
[img]
Preview
PDF
1033Kb

Abstract

Latar Belakang : Angka insiden dan prevalensi Diabetes Melitus tipe 2 meningkat di berbagai penjuru dunia. DM tipe 2 dikaitkan dengan berbagai pola dislipidemia yang telah diketahui menjadi peran penting dalam patogenesis terjadinya komplikasi mikro dan makrovaskular. Penelitian epidemiologi maupun uji klinik menunjukkan adanya hubungan linier antara dislipidemia diabetik dengan angka kejadian dan angka kematian akibat Penyakit Jantung Koroner (PJK) pada penderita DM tipe-2. Tujuan : Mengetahui pola dislipidemia dan hubungannya dengan jenis kelamin pada penderita diabetes mellitus tipe 2 di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 66 orang (29 perempuan dan 38 laki-laki) penderita DM tipe 2 yang datang berobat di RSUP Dr. Kariadi Semarang, pada periode bulan Januari hingga Desember 2012. Data sampel diambil dari rekam medik. Hasil : Pola dislipidemia pada penderita diabetes mellitus tipe 2 yang didapatkan paling banyak dari masing-masing kategori yaitu pada kolesterol total normal, trigliserida tinggi, kol-HDL rendah, dan kol-LDL borderline. Uji beda antara rerata profil lipid pada penderita DM tipe 2 dengan jenis kelamin yang didapatkan yaitu kolesterol total (p=0,128), trigliserid (p=0,585), kol-HDL (p=0,150), dan kol-LDL (p=0,972). Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa dislipidemia terjadi pada populasi penderita Diabetes Melitus tipe 2. Tidak ada perbedaan yang bermakna antara rerata profil lipid dengan jenis kelamin. Kata Kunci : Dislipidemia, Diabetes mellitus tipe 2, profil lipid, jenis kelamin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:43720
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Sep 2014 10:55
Last Modified:19 Sep 2014 10:55

Repository Staff Only: item control page