Analisis Stabilitas Lereng dan Alternatif Penanganannya, Studi Kasus Longsoran pada Ruas Jalan Pringsurat KM. MGL. 22+631 - 22+655 Kabupaten Temanggung

Apri , Luriyanto and Iqbal , Maulana (2014) Analisis Stabilitas Lereng dan Alternatif Penanganannya, Studi Kasus Longsoran pada Ruas Jalan Pringsurat KM. MGL. 22+631 - 22+655 Kabupaten Temanggung. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Tugas akhir ini berisi tentang stabilitas lereng dan penanggulangannya di ruas jalan Pringsurat KM. MGL. 22+631 s/d 22+655 Kabupaten Temanggung. Bentang alam di daerah Pringsurat ini merupakan pegunungan dan berbukit yang berpotensi longsor. Ruas jalan ini merupakan jalan nasional kelas II yang dibangun untuk menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah seperti semarang, Temanggung, Magelang dengan kota-kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan ini melintasi perbukitan yang mengandung lapisan tanah lanau, lempung, dan berpasir. Kelongsoran terjadi pada ruas jalan Pringsurat KM. MGL. 22+631 – 22+655 Kabupaten Temanggung. Data-data yang digunakan dalam studi kasus ini merupakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview , pengamatan langsung dilapangan, dan metode literatur. Cara analisis dalam penulisan tugas akhir ini adalah menghitung stabilitas lereng serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Analisis geoteknik dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan cara manual dan menggunakan program. Analisis manual menggunakan metode menurut Whitlow (1995) untuk tanah multilayer sedangkan analisis program menggunakan software Plaxis V.8.2. Model elastis plastis dan kriteria keruntuhan MohrCoulomb dipilih sebagai model tanah. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi kelongsoran pada KM. MGL. 22+631 – 22+655. Untuk menangani hal tersebut dicoba dengan dua alternatif penanganan longsoran yaitu dengan perkuatan Geotextile jenis BW250 Woven dan perkuatan Boored Pile, dimana kedua alternatif penanganan tersebut mampu untuk menanggulangi longsor yang dibuktikan dengan hasil nilai Safety Factor 1,4116 untuk Geotextile dan 1,4617 untuk Boored Pile. Kata kunci : longsoran, stabilitas lereng, tanah berlapis, plaxis, Geotextile, Boored Pile.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43688
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:12 Sep 2014 14:43
Last Modified:12 Sep 2014 14:43

Repository Staff Only: item control page