PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI DENGAN BETON KONVENSIONAL DAN FLY SLAB (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Politeknik Madiun)

Indah , Purwaningsih and Kunil , Murtachiyatin (2014) PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI DENGAN BETON KONVENSIONAL DAN FLY SLAB (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Politeknik Madiun). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Metode pelaksanaan konstruksi menentukan besarnya biaya dan waktu yang dibutuhkan pada suatu pekerjaan pembangunan, serta mutu, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan lingkungan yang dihasilkan pada akhir proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya biaya dan waktu yang dibutuhkanuntuk menyelesaikan pekerjaan gedung bertingkat, khususnya plat lantai dengan menggunakan beton fly slab dan dibandingkan dengan beton bertulang konvensional. Menganalisis mutu, K3 dan lingkungan yang dihasilkan dari penggunaan beton fly slab dan dibandingkan dengan beton bertulang konvensional. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan perhitungan ulang biaya dan waktu pada bangunan gedung Politeknik Madiun yang semula dibangun dengan menggunakan beton bertulang konvensional menjadi beton fly slab. Perhitungan ulang biaya dilakukan dengan cara menghitung ulang baik volume maupun harga satuan pekerjaan. Sedangkan waktu akan dilakukan perhitungan ulang dengan Microsoft Project. Analisis mutu dilakukan dengan cara meninjau mutu beton yang ada dalam Rencana Kerja dan Syarat-syarat, selanjutnya dibandingkan dengan mutu beton fly slab yang digunakan. Analisis K3 dan lingkungan dilakukan dengan cara meninjau penerapan K3 dan lingkungan di lokasi proyek kemudian dibandingkan antara beton bertulang konvensional dengan beton fly slab. Berdasarkan analisis, besarnya pengurangan biaya pelaksanaan pekerjaan pembangunan Gedung Politeknik Madiun dengan menggunakan beton fly slab adalah Rp. 16.740.000,00 atau 3% dari total harga pekerjaan plat lantai dengan menggunakan beton bertulang kovensional. Penghematan waktu pelaksanaan dengan menggunakan beton fly slab adalah 12 hari kalender atau 29% dari total waktu pekerjaan beton lantai 2 dan lantai 3 dengan menggunakan beton bertulang konvensional. Penggunaan beton fly slab tidak mengurangi mutu beton karena mutu beton fly slab yang digunakan lebih tinggi dari mutu beton bertulang konvensional. Penggunaan beton fly slab dapat meminimalisir kecelakaan kerja, selain itu penggunaan beton fly slab dapat menghemat pengggunaan kayu bekisting dan pengurangan sampah sisa pengecoran dalam proyek. Keywords: fly slab, biaya, waktu, kecelakaan kerja

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43641
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:04 Sep 2014 14:41
Last Modified:04 Sep 2014 14:41

Repository Staff Only: item control page