PENGARUH RESIDU PESTISIDA ORGANOKLORIN TERHADAP PERSENTASE BOBOT HATI AYAM PEDAGING LOHMAN AKIBAT PEMBERIAN CAMPURAN PAKAN Salvinia molesta RAWA PENING

PATRIASARI, Novita Dewi (2014) PENGARUH RESIDU PESTISIDA ORGANOKLORIN TERHADAP PERSENTASE BOBOT HATI AYAM PEDAGING LOHMAN AKIBAT PEMBERIAN CAMPURAN PAKAN Salvinia molesta RAWA PENING. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan dan Pertanian.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

174Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

213Kb
[img]
Preview
PDF
138Kb
[img]
Preview
PDF
198Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

176Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1320Kb

Abstract

RINGKASAN NOVITA DEWI PATRIASARI. 23010110130240. Pengaruh Residu Pestisida Organoklorin Terhadap Persentase Bobot Hati Ayam Pedaging Lohman Akibat Pemberian Campuran Pakan Salvinia molesta Rawa Pening (Pembimbing: BHAKTI ETZA SETIANI dan VITUS DWI YUNIANTO). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai November 2013. Pemeliharaan ayam Lohman pedaging dilaksanakan di Kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian. Preparasi sampel dilaksanakan di Laboratorium Kimia Pangan dan Gizi Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro Semarang. Pengujian residu pestisida dilaksanakan di Wahana Laboratorium, Kopertis Wilayah IV, Pawiyatan Luhur, Semarang dan Laboratorium Saraswanti Indo Genetech (SIG), Bogor. Tujuan penelitian untuk mengetahui kandungan residu pestisida organoklorin dan pengaruhnya terhadap persentase bobot pada hati ayam pedaging Lohman, khususnya yang diberi campuran pakan Salvinia molesta dari Rawa Pening. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah hati ayam pedaging Lohman yang berumur 42 hari, diperoleh dari 16 ekor pemotongan ayam dalam 100 ekor pemeliharaan ayam pedaging Lohman. Alat yang digunakan pada preparasi sampel yaitu: pisau, skapel, kompor gas, panci, timbangan elektrik, plastic polyethylene, cool box, plastik tebal, label nama, talenan plastik, alumunium foil, freezer untuk menyimpan sampel, cawan porselen, oven. Preparasi sampel dimulai dengan menimbang bobot hati ayam untuk mengetahui persentase bobot hati ayam lalu mencacah hati ayam dari 4 perlakuan 4 ulangan secara acak sehingga diperoleh 16 sampel hati ayam untuk analisis total organoklorin sedangkan analisi profil organoklorin menggunakan 4 sampel hati ayam Lohman dari 4 perlakuan 1 ulangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 4 ulangan dan setiap perlakuan terdapat empat ekor ayam. Perlakuan yang diuji adalah menggunakan ransum T0 (Tanpa Salvinia molesta), T1 (Penambahan Salvinia molesta 6%), T2 (Penambahan Salvinia molesta 12%), T3 (Penambahan Salvinia molesta 18%). Analisis statistik yang digunakan adalah Analysis of Variance (Anova) pada taraf kepercayaan 5%. Jika terdapat pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan Uji Wilayah Ganda Duncan sedangkan profil organoklorin dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian campuran pakan Salvinia molesta hingga taraf 18% meningkatkan persentase bobot hati ayam dan analisis total pestisida organoklorin berada pada kisaran batas standar, meskipun semuanya belum teridentifikasi secara jelas. Hasil analisis profil organoklorin untuk jenis residu pestisida organoklorin pada hati ayam tidak terdeteksi berdasarkan pengujian dengan alat kromatografi gas dengan standar limited of detection (LOD)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
ID Code:43608
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Aug 2014 11:03
Last Modified:29 Aug 2014 11:03

Repository Staff Only: item control page