ANALISIS HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN DENGAN PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS PONCOL KOTA SEMARANG TAHUN 2012

HASBI, FIIL HENDRA (2012) ANALISIS HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN DENGAN PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS PONCOL KOTA SEMARANG TAHUN 2012. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Puskesmas Poncol merupakan salah satu Puskesmas di Kota Semarang yang terletak di di Kecamatan Semarang Tengah. Selama 3 tahun mulai dari tahun 2009-2011 Puskesmas Poncol mengalami penurunan jumlah kunjungan rawat jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pesepsi pasien terhadap mutu pelayanan administrasi, dokter, perawat, farmasi, sarana Puskesmas, dan sarana penunjang Puskesmas dengan pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan metode survei, analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan menggunakan kuesioner terhadap 100 orang responden yang telah memanfaatkan pelayanan rawat jalan. Data dianalisa dengan uji chi square. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa karakteristik pasien tidak berpengaruh terhadap minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan, dan ada 5 variabel yang memiliki hubungan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan antara lain perspesi pasien tentang mutu pelayanan administrasi dengan nilai p=0,001, mutu pelayanan dokter dengan nilai p=0,001, mutu pelayanan farmasi dengan nilai p=0,000, mutu sarana Puskesmas dengan nilai p=0,021, dan mutu sarana penunjang Puskesmas dengan nilai p=0,001, sedangkan yang tidak berhubungan yaitu mutu pelayanan perawat (nilai p=0,079). Disarankan kepada Puskesmas Poncol untuk meningkatkan mutu pelayanan terutama di sektor kedisplinan pegawai, kecepatan pelayanan terutama di bagian administrasi dan frmasi, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pegawai melalui program pelatihan, serta melakukan pemeliharaan terhadap sarana dan infrastruktur yang ada. Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kunjungan Ulang, Rawat Jalan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43495
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Aug 2014 15:48
Last Modified:18 Aug 2014 15:48

Repository Staff Only: item control page