EVALUASI STABILITAS LERENG YANG TELAH DIPERKUAT PADA JALAN TOL SEMARANG – SOLO SEKSI V UNGARAN BAWEN

Rama , Harya Khrisna (2013) EVALUASI STABILITAS LERENG YANG TELAH DIPERKUAT PADA JALAN TOL SEMARANG – SOLO SEKSI V UNGARAN BAWEN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
45Kb

Abstract

Jalan tol Semarang – Solo Seksi V Ungaran Bawen dibangun untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah Semarang – Solo dan sekitarnya. Jalan ini melintasi bukit dan lembah yang mengandung lapisan lanau dan lempung. Kelongsoran lereng terjadi di ruas jalan tol Semarang – Solo STA 19+525. Tugas Akhir ini berisi tentang stabilitas tanah pada ruas jalan tol, mekanisme dan penanggulangannya Analisa meliputi kondisi dimana terjadi pergerakan tanah pada lereng diakibatkan tidak stabilnya lereng, perhitungan manual stabilitas lereng dengan menggunakan metode Fellenius, analisis geoteknik dan perkuatan dengan dinding penahan tanah sebagai pilihan alternatif metode perkuatan. Analisis geoteknik menggunakan software finite element Plaxis. Model elastis plastis dan kriteria keruntuhan Mohr-Coulomb dipilih sebagai model tanah. Analisis menunjukkan bahwa penanggulangan paling optimum kelongsoran ini adalah memasang perkuatan dinding penahan tanah. Dengan menggunakan dinding penahan tanah, Faktor Keamanan lereng minimum menjadi meningkat dan mencapai 1,541. Kata kunci : longsoran, stabilitas lereng, fellenius, Plaxis, dinding penahan tanah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43369
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jul 2014 13:25
Last Modified:17 Jul 2014 13:25

Repository Staff Only: item control page