ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KELANDAIAN JALAN DAN PANJANG LANDAI KRITIS TERHADAP KESELAMATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: RUAS JALAN SETIABUDI SEMARANG DARI KM 8+100 SAMPAI KM 9+350)

Syafiiq , M Ridlo and Ms, Izazulfina (2013) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KELANDAIAN JALAN DAN PANJANG LANDAI KRITIS TERHADAP KESELAMATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: RUAS JALAN SETIABUDI SEMARANG DARI KM 8+100 SAMPAI KM 9+350). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
113Kb

Abstract

Jalan Setiabudi, Semarang, merupakan jalur akses menuju wilayah Semarang bagian selatan yang sering digunakan selain jalan tol. Jalur ini menghubungkan Kota Semarang menuju kawasan Banyumanik dan Tembalang, serta wilayah Jawa Tengah bagian selatan. Beberapa segmen pada jalan tersebut memiliki kelandaian lebih dari 8% dan panjang landai kritis yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada di Rencana Standar Nasional Indonesia Geometrik Jalan Perkotaan 2004. Kondisi Jalan Setiabudi yang memiliki kelandaian >8% menyebabkan kendaraan hanya mampu melaju dengan kecepatan rendah. Kondisi tersebut beresiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan permasalahan diatas dilakukan penelitian untuk menghasilkan hubungan kelandaian jalan dan panjang landai kritis terhadap keselamatan lalu lintas. Metode pengambilan data yang digunakan adalah survai spot speed dan pencacahan volume lalu lintas. Data sekunder berupa data penampang melintang jalan, penampang memanjang jalan, kecelakaan dan data lalu lintas harian rata-rata tahunan. Metode analisis untuk mengetahui hubungan antara kelandaian jalan dan panjang kritis terhadap keselamatan digunakan analisis matematis dengan metode regresi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian hubungan antara kelandaian dan keselamatan menunjukkan bahwa nilai korelasi pada persamaan regresi polinomial Y = 174.222 - 3.827E-013X – 13166.052X2 + 3.995E-011X3 memiliki nilai R sebesar 0,998. Nilai korelasi tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara kelandaian dan keselamatan. Segmen jalan dengan kelandaian dan panjang landai kritis yang tinggi belum tentu memiliki jumlah kecelakaan yang tinggi. Dari hasil simulasi juga dapat disimpulkan bahwa dengan menurunkan nilai derajat kejenuhan, maka resiko terjadinya kecelakaan akan berkurang. Kata kunci: kelandaian, panjang landai kritis dan keselamatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43348
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:16 Jul 2014 15:00
Last Modified:16 Jul 2014 15:00

Repository Staff Only: item control page