Perbandingan metode Penjadwalan pada Proyek Konstruksi yang bersifat lilier (Studi kasus menggunakan metode Bar Chart, Network Planning dan Time Chainage Diagram)

Febri , Triwibowo and Imron , Roni Wijaya (2013) Perbandingan metode Penjadwalan pada Proyek Konstruksi yang bersifat lilier (Studi kasus menggunakan metode Bar Chart, Network Planning dan Time Chainage Diagram). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
17Kb

Abstract

Pelakasanaan pekerjaan konstruksi khususnya pekerjaan yang mempunyai jarak dan membutuhkan ruang untuk perpindah tempat atau sering disebut sebagai proyek bersifat linear tantangan yang sering dihadapi adalah merencanakan jadwal waktu yang efektif tanpa adanya hambatan dalam pekerjaan dan perencanaan biaya yang efisien tanpa mengurangi mutu. Dalam dunia konstruksi telah dikenal beberapa metode pendjawalan yaitu metode Bar Chart, Network Diagram (CPM, PDM) dan metode penjadwalan linear (Time Chainage Diagram). Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari metode perencanaan dan penjadwalan pada proyek yang bersifat linear, membandingkan masing-masing metode perencanaan dan penjadwalan pada proyek untuk mencari karakter yang sesuai dengan sifat proyek, dan melakukan simulasi masing-masing metode perencanaan dan penjadwalan proyek dengan menganalisa kelebihan dan kekurangannya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 3 jadwal proyek yang bersifat linearyaitu proyek pembangunan jalan rel, proyek pembangunan fly over dan proyek pembangunan irigasi. Kemudian dilakukan analisis data, elaborasi dan komparasi dari 1sampel dari masing-masing tipe proyek, yaitu berupa metode Bar Chart yang diubah ke dalam bentuk metode CPM, PDM dan Time Chainage Diagram. Hasil analisa menunjukkan bahwa Bar Chart masih umum digunakan di dalam penjadwalan proy ek konstruksi, sedangkan metode Network Diagram cocok untuk proyek yang bersifat komplek karena dapat menunjukkan secara spesifik hubungan logika ketergantungan antar kegiatan dan memiliki teknik hitungan matematis, dan metode Penjadwalan Time Chainage Diagram sesuai untuk proyek yang memiliki kegiatan linearkarena dapat mendeteksi secara langsung kegiatan yang mengalami gangguan dalam penjadwalan proyekpada waktu dan tempat tertentu. Agar dapat saling menutupi kekurangan masing-masing metode, maka sebaiknya tidak hanya menggunakan satu metode perencanaan dan penjadwalan proyek, tapi juga dapat mengombinasikannya dengan metode yang lain. Sebagai tindak lanjut dari studi ini adalah perlu adanya penerapan dan penggunaan metode perencanaan dan penjadwalan proyek yang sesuai dengan karakteristik proyek. Selanjutnya dapat dilakukan kajian yang lebih mendalam untuk mengetahui tingkat produktifitas pekerjaan pada metode Time Chainage Diagram. Kata kunci : Penjadwalan proyek linier, Bar Chart, Network Planning, Time Chainage Diagram

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43345
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:16 Jul 2014 14:25
Last Modified:16 Jul 2014 14:25

Repository Staff Only: item control page