Perencanaan Jembatan Lemah Ireng 1 Jalan Tol Semarang - Solo

Dimas , Prasetyo Nugroho and Sidqi , Muhammad (2013) Perencanaan Jembatan Lemah Ireng 1 Jalan Tol Semarang - Solo. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
133Kb

Abstract

Jembatan Lemah Ireng 1 terletak pada ruas Jalan Tol Semarang – Solo Tahap I Ruas Ungaran – Bawen Paket V Tinalun – Lemah Ireng.Jembatan ini direncanakan menggunakan konstruksi beton prategang box girder. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah balance cantilever dengan box girder cor ditempat (cast in place). Alat yang digunakan dalam pekerjaan box girder adalah traveller.Panjang total jembatan ini sebesar 879 m, yang terbagi menjadi 8 bentang. Jembatan ini memiliki dua buah abutment dan tujuh buah pilar. Pada tahap awal perencanaan dilakukan pradimensi pada struktur atas. Dimensi box girder pada jembatan ini berbeda-beda ditiap segmennya dengan bentuk menyerupai parabola. Tahap berikutnya melakukan analisis beban yang terjadi, meliputi berat sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, beban angin, dan beban gempa. Dari hasil analisis tersebut selanjutnya dilakukan analisis struktur dengan bantuan program SAP2000 dengan keluaran hasil gaya aksial, momen, gaya geser, dan torsi. Dari keluaran tersebut dapat dilakukan perhitungan kehilangan gaya prategang, kebutuhan tendon, dan penulangan box girder. Perencanaan struktur bawah direncanakan dengan langkah awal melakukanpradimensi pilar dan dihitung kekuatannya dengan cara biaxial bending metode bresler. Hasil dari perhitungan tersebut didapat rasio tulangan pilar sebesar 1%. Tahap selanjutnya dilakukan perhitungan abutment dengan langkah awal melakukan pradimensi dan dihitung kekuatan dan kebutuhan tulangannya.Tahap akhir pada perencanaan jembatan iniadalah perhitungan pondasi pada pilar dan abutment dengan menggunakan bore pile. Perhitungan pondasi bore pile menggunakan metode broms untuk menghitung momen yang diterima oleh bore pile. Hasil dari perhitungan tersebut didapat rasio tulangan bore pile untuk abutment sebesar 1% dan untuk pilar sebesar 1,5%. Kata kunci: Jembatan Lemah Ireng 1,box girder, cast in place,prategang, balance cantilever.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43341
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:16 Jul 2014 13:22
Last Modified:16 Jul 2014 13:22

Repository Staff Only: item control page