PERBEDAAN JUMLAH TELUR Aedes aegypti BERDASARKAN KUALITAS DAN JENIS SUMBER AIR BERSIH SEBAGAI MEDIA PERKEMBANGBIAKAN (BREEDING PLACE)

KURNIYANA, INNA (2014) PERBEDAAN JUMLAH TELUR Aedes aegypti BERDASARKAN KUALITAS DAN JENIS SUMBER AIR BERSIH SEBAGAI MEDIA PERKEMBANGBIAKAN (BREEDING PLACE). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Sepanjang tahun 2013 terjadi kasus DBD dengan korban meninggal 25 orang (IR=121,5/100.000 penduduk) di Kota Semarang. Beberapa jenis dan karakteristik air dapat menjadi media perkembangbiakan nyamuk Ae. aegypti sebagai vektor DBD, termasuk pada sumber air bersih seperti air sumur gali, air pegunungan, air hujan, air PDAM, dan AMDK. Beberapa jenis air ini memilki kualitas dan ketertarikan bagi nyamuk untuk bertelur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan jumlah telur Aedes aegypti berdasakan kualitas dan jenis sumber air bersih sebagai media perkembangbiakan (breeding place). Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan menggunakan metode Quasi Experimental dengan Posttest Only Design tanpa kelompok kontrol. Jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 125 ekor nyamuk Aedes aegypti betina gravid yang siap bertelur pada 5 jenis sumber air bersih sebagai media perkembangbiakannya. Hasil analisis menggunakan uji statistik One Way Anova dan Independent t-Test menunjukkan bahwa p-value pada jenis air = 0,667, p-value pada amonia = 0,592 dan p-value pH = 0,537. Ketiga nilai tersebut terlihat bahwa p > 0,05 sehingga tidak ada perbedaan jumlah telur pada berbagai kualitas dan jenis sumber air bersih. Akan tetapi secara deskriptif, rata-rata jumlah telur ditemukan pada Air Sumur Gali sebanyak 116 butir, Air Pegunungan sebanyak 166 butir, Air Hujan sebanyak 119 butir, air PDAM sebanyak 112 butir, dan AMDK sebanyak 187 butir. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rerata jumlah telur Ae. aegypti secara signifikan berdasarkan kualitas dan jenis sumber air bersih. Kata Kunci: Telur Aedes aegypti, Sumber Air Bersih, Media Perkembangbiakan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43315
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Jul 2014 10:44
Last Modified:16 Jul 2014 10:44

Repository Staff Only: item control page