Deskripsi Responsiveness Dokter Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (POBNEK)di RSUD Kota Semarang

Hutahaean, Selfri (2014) Deskripsi Responsiveness Dokter Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (POBNEK)di RSUD Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Menurut data yang diperoleh dari SDKI tahun 2010-2012 diketahui bahwa AKI di indonesia mengalami peningkatan dari 228/100.00 KH menjadi 359/100.000 KH, dan AKB di indonesia masih di atas standar MDG’s yaitu 32/100.000 KH. Tingginya AKI dan AKB dapat mempengaruhi Sistem Kesehatan Nasional (SKN). AKB di RSUD Kota Semarang relatif masih tinggi yaitu 46 kasus pada tahun 2013. RSUD Kota Semarang adalah salah satu dari 7 rumah sakit yang dipilih sebagai rumah sakit PONEK. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Responsiveness Dokter PONEK di Kota Semarang dengan responsiveness WHO dengan beberapa aspek yaitu aspek dignity, Autonomy, Confidentiality, Prompt Attention dan Comunication. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif dengan rancangan descriptive cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien PONEK yang pernah mengalami pelayanan kesehatan Maternal dan Neonatal dengan risiko tinggi dan sudah pernah bertemu dengan dokter pada Mei 2014. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari jawaban responden pada setiap aspek responsiveness dokter PONEK. Pada aspek dignity 59-79,3% responden menjawab dokter PONEK responsive, aspek autonomy 69,1-93,1% responden menjawab dokter PONEK responsive, dan aspek comunication 65,1-75,1% responden menjawab dokter PONEK responsive. Sedangkan pada aspek prompt attention 48,3-51,7% responden menjawab dokter PONEK jarang memberi pelayanan yang sesuai standar dan 62,1% responden menjawab harus menunggu 30-60 menit untuk mendapatkan pelayanan non emergensi dan emergensi. Pada aspek confidentiality 48,3% responden tidak mengetahui apakah dokter PONEK telah menjaga kerahasiaan data-data kesehatan pasien atau tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan dokter di RSUD Kota Semarang sudah responsive pada 3 aspek yaitu aspek dignity, autonomy, dan comunication. Namun pelayanan pada aspek prompt attention dan confidentiality belum responsive dan perlu dilakukan peningkatan. Kata Kunci: Responsiveness WHO, Dokter, PONEK

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43283
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jul 2014 11:32
Last Modified:15 Jul 2014 11:32

Repository Staff Only: item control page