HUBUNGAN FAKTOR PEJAMU (HOST)PADA KELOMPOK USIA PRODUKTIF DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GOMBONG II KABUPATEN KEBUMEN)

SUPRIYATI, DINA (2014) HUBUNGAN FAKTOR PEJAMU (HOST)PADA KELOMPOK USIA PRODUKTIF DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GOMBONG II KABUPATEN KEBUMEN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Wilayah Kerja Puskesmas Gombong II Kabupaten Kebumen merupakan daerah endemis DBD. Kasus DBD lebih banyak pada orang dewasa khususnya usia produktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor pejamu (host) pada kelompok usia produktif dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Gombong II Kabupaten Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan studi analitik dengan pendekatan kasus kontrol. Kasus adalah warga yang menderita DBD dan termasuk usia produktif yang tercatat dalam catatan medik serta bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Gombong II tahun 2013. Kontrol adalah warga yang tidak menderita DBD dan termasuk usia produktif serta bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Gombong II tahun 2013. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, sehingga sampel kasus dan kontrol masing-masing berjumlah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas kerja (OR = 7,88; CI 95% = 1,958 - 31,675), mobilitas (OR = 6,57; CI 95% = 2,109 - 20,479), kebiasaan tidur pagi hari (OR = 9,33; CI 95% = 1,866 - 46,684), dan kebiasaan tidur sore hari (OR = 5,44; CI 95% = 1,804 - 16,427) berhubungan dengan kejadian DBD. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor pejamu ( host ) pada kelompok usia produktif yang berhubungan dengan kejadian DBD meliuti aktivitas kerja, mobilitas, kebiasaan tidur pagi hari dan kebiasaan tidur sore hari. Oleh karena itu, masyarakat khususnya usia produktif hendaknya mengurangi kebiasaan berisiko seperti kebiasaan tidur pagi dan sore hari, serta melakukan upaya perlindungan diri dengan memakai pakaian lengan panjang atau lotion anti nyamuk jika melakukan mobilitas ke daerah endemis DBD dan beraktivitas di dalam ruangan. Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue (DBD), Faktor Pejamu ( HOst ), Usia Produktif

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43272
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jul 2014 09:45
Last Modified:15 Jul 2014 09:45

Repository Staff Only: item control page