EVALUASI APLIKASI ULTRA LOW VOLUME (ULV) PORTABLE DENGAN INSEKTISIDA ZETA SIPERMETRIN 25 EC TERHADAP NYAMUK Ae. aegypti (Studi Kasus di Kelurahan Ngemplak Simongan Kota Semarang)

Orenda, Orenda (2014) EVALUASI APLIKASI ULTRA LOW VOLUME (ULV) PORTABLE DENGAN INSEKTISIDA ZETA SIPERMETRIN 25 EC TERHADAP NYAMUK Ae. aegypti (Studi Kasus di Kelurahan Ngemplak Simongan Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Kota Semarang merupakan kota dengan kasus DBD tertinggi di Jawa Tengah tahun 2011 yaitu sebanyak 1.303 kasus. Selama ini Dinas Kesehatan Kota Semarang telah melakukan pengendalian vektor dengan thermal fogging. Pada awal tahun 2014 Dinas Kesehatan Kota Semarang mengaplikasikan alat baru untuk penyemprotan yaitu mesin ULV portable dengan menggunakan insektisida berbahan aktif zeta sipermetrin 25 EC yang bertujuan meningkatkan cakupan rumah yang di fogging pada program vector control. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi aplikasi ULV portable serta melihat bagaimana respon masyarakat terhadap pengaplikasian ULV portable dengan insektisida zeta sipermetrin 25 EC yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah observasional study dengan kontak bioassay. Nyamuk uji merupakan hasil pemeliharaan larva yang dikumpulkan dari pemukiman warga di wilayah di Kota Semarang. Lokasi penelitian di lima rumah penduduk RT 01-03/ RW 04 Kelurahan Ngemplak Simongan, Semarang Barat untuk kontak bioassay. Dari hasil aplikasi diketahui bahwa persentase kematian nyamuk Ae. aegypti betina dewasa sebagai vektor penyakit DBD setelah penyemprotan ULV portable adalah 58,4%. Berdasarkan persentase kematian nyamuk Ae. aegypti betina dewasa dapat disimpulkan bahwa aplikasi penyemprotan tidak efektif. Hasil wawancara mengenai respon masyarakat terhadap penyemprotan dengan alat ULV portable menunjukan sebagian besar responden yaitu 75% lebih memilih penyemprotan dengan alat ULV portable daripada thermal fogging dan sebesar 90 % responden memiliki respon baik yang artinya setuju jika penyemprotan dengan alat ULV portable oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang terus dilanjutkan. Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk mengevaluasi kegiatan penyemprotan, monitoring terhadap keberadaan vektor dan mengontrol kepatuhan operator terhadap SOP pelaksanaan penyemprotan. Kata Kunci: Ultra Low Volume, Zeta Sipermetrin 25 EC, Ae. aegypti

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43271
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jul 2014 09:41
Last Modified:15 Jul 2014 09:41

Repository Staff Only: item control page