EVALUASI APLIKASI ULTRA LOW VOLUME (ULV)PORTABLE, INSEKTISIDA ZETASIPERMETRIN 25 EC SEBAGAI VECTOR CONTROL DENGAN PEMBEDAHAN OVARIUM NYAMUK AE.AEGYPTI

PARDI, MARDI RAHARJO (2014) EVALUASI APLIKASI ULTRA LOW VOLUME (ULV)PORTABLE, INSEKTISIDA ZETASIPERMETRIN 25 EC SEBAGAI VECTOR CONTROL DENGAN PEMBEDAHAN OVARIUM NYAMUK AE.AEGYPTI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius di Kota Semarang. Kelurahan Ngemplak Simongan terletak di kota Semarang, dengan kategori endemis DBD dan merupakan daerah yang dilaksanakan aplikasi Ultra Low Volume (ULV) portable, insektisida zeta sipermetrin 25 EC. Dikarenakan baru di aplikasikan, perlu dilakukan penelitian untuk melihat efektivitas dari aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas aplikasi Ultra Low Volume (ULV) portable, insektisida zeta sipermetrin 25 EC terhadap nyamuk Ae. aegypti dengan metode pembedahan ovarium.Metode penelitian ini adalah observasional. Populasi penelitian adalah semua nyamuk Ae. aegypti yang ada di Kelurahan Ngemplak Simongan dan sampel adalah semua nyamuk Ae. aegypti resting yang tertangkap selama jam penangkapan. Sebagai variabel bebas adalah Aplikasi Ultra Low Volume (ULV) portable, insektisida zeta sipermetrin 25 EC, sedangkan variabel terikat adalah Efektivitas dari Aplikasi Ultra Low Volume (ULV). Selanjutnya hasil pengumpulan data di analisis secara deskreptif.Hasil penangkapan nyamuk Ae. aegypti di Kelurahan Ngemplak Simongan sebelum di laksanakan aplikasi ULV portable dengan insektisida Zetasipermetrin pada siklus I, di peroleh angka resting rate nyamuk Ae. aegypti adalah 0,583 ekor/orang/hari dan jumlah proporsi nyamuk Ae. aegypti yang parous (Paraous Rate) adalah 0,08 ekor/orang/hari. Kemudian pada penangkapan sesudah aplikasi ULV portable dengan insektisida Zetasipermetrin pada siklus I, angka resting rate nyamuk Ae. aegypti adalah 0,708 ekor/orang/hari dan jumlah proporsi nyamuk Ae. aegypti yang parous (Paraous Rate) adalah 0,9 ekor/orang/hari. Sedangkan pada penangkapan empat (4) hari sesudah aplikasi siklus II di peroleh angka kepadatan nyamuk Ae. aegypti yang sedang resting (resting rate) adalah 0,416 ekor/orang/hari dan jumlah proporsi nyamuk Ae. aegypti yang parous (Paraous Rate) adalah 0,333 ekor/orang/hari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik diperlukan penelitian yang lebih lanjut. Kata Kunci: Pembedahan Ovarium, Ngemplak Simongan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43264
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Jul 2014 14:21
Last Modified:14 Jul 2014 14:21

Repository Staff Only: item control page