STATUS MEROKOK BERDASARKAN KANDUNGAN KARBON MONOKSIDA DALAM PARU-PARU TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT PERIODONTAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG (Studi pada Pria Usia Produktif 19-45 Tahun)

RAHMAWATI, EKA (2014) STATUS MEROKOK BERDASARKAN KANDUNGAN KARBON MONOKSIDA DALAM PARU-PARU TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT PERIODONTAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG (Studi pada Pria Usia Produktif 19-45 Tahun). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Penyakit periodontal adalah sekumpulan kondisi peradangan jaringan periodontal yang disebabkan oleh bakteri. Tahun 2013 proporsi penyakit periodontal di Kecamatan Sumowono adalah 53,11%, sedangkan prevalensi perokok di kecamatan Sumowono adalah 76,24%. Salah satu kandungan kimia pada rokok yaitu karbon monoksida (CO) yang dapat menghambat fungsi dari Hb untuk mengikat oksigen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status merokok yang diukur berdasarkan kandungan karbon monoksida dalam paru-paru terhadap kejadian penyakit periodontal pada pria usia produktif (19-45 tahun) di wilayah kerja Puskesmas Sumowono Kabupaten Semarang. Metode penelitian menggunakan jenis observasional analitik dan rancangan cross sectional, dengan teknik consecutive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pria usia 19-45 tahun yang berkunjung di Puskesmas Sumowono sebanyak 100 responden. Analisis statistik menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara status merokok yang diukur berdasarkan kandungan CO dalam paru-paru (p=0,001), jenisrokok (p=0,002), lama merokok (p=0,001), jumlahrokok (p=0,001), cara menghisap rokok (p=0,001) dengan kejadian penyakit periodontal. Ada hubungan antara status kebersihan gigi dan mulut (OHI-S) (p=0,001) dengan kejadian penyakit periodontal. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Puskesmas meningkatkan program penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya merokok dimana merokok dapat meningkat kankandungan CO dan merupakan faktor risiko terjadinya penyakit gigi dan mulut seperti penyakit periodontal Kata Kunci: status merokok, karbon monoksida, periodontal, OHI-S.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:43229
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2014 09:24
Last Modified:10 Jul 2014 09:24

Repository Staff Only: item control page