Perencanaan Jalur Ganda (Double Track) Jalan Rel Ruas Semarang Gubug

Christianto , Pancara Adi and Erha, Intan Sukmajati (2013) Perencanaan Jalur Ganda (Double Track) Jalan Rel Ruas Semarang Gubug. Undergraduate thesis, Diponeoro University.

[img]
Preview
PDF
18Kb

Abstract

ABSTRAKSI Berdasarkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, April 2011, pada tahun 2030, peningkatan jumlah perjalanan orang menggunakan moda kereta api di Pulau Jawa yaitu sebesar 858,5 juta orang/tahun dan perjalanan barang di Pulau Jawa sebesar 534 juta ton/tahun. Oleh karena itu, pemerintah berencana untuk mengembangkan jaringan jalan rel di Jawa dengan program Double Track atau jalur ganda, antara lain pengembangan jalur tunggal menjadi jalur ganda lintas utara Jawa (Cirebon – Semarang – Bojonegoro – Surabaya) agar dicapai pelayanan yang optimal. Dalam tugas akhir ini dilakukan perencanaan double track pada ruas antara Stasiun Semarang Tawang di Semarang dan Stasiun Gubug di Grobogan. Dimulai dari STA 2+600 hingga STA 30+936, trase jalur ganda direncanakan tetap mengacu pada trase eksisting dan dipertimbangkan pada kondisi tataguna lahan di kanan kiri jalur eksisting. Struktur atas (rel, penambat, bantalan, balas), struktur bawah (tubuh jalan rel) serta pematusan jalan rel direncanakan sesuai klasifikasi jalan rel berdasarkan Peraturan Dinas No. 10 tahun 1986 PJKA. Dari hasil perencanaan didapat penempatan trase jalur ganda di sisi kanan trase eksisting dari arah Semarang ke Gubug dimana ketersediaan lahan terbuka lebih banyak dengan elevasi track baru setinggi elevasi track eksisting. Konstruksi jalan rel sesuai kelas jalan rel I dengan tipe rel R54, penambat elastis ganda Pandrol tipe e-clip dengan rubber pad, bantalan beton pratekan tipe N-67 produksi PT.WIKA Beton, ketebalan balas atas 30 cm, balas bawah setebal 15 cm. Tubuh jalan rel double track lebih banyak terletak pada posisi timbunan dengan tinggi antara 30 cm hingga 165 cm menggunakan perkuatan penahan tanah. Pematuasan permukaan berupa saluran samping dengan penampang persegi panjang dari beton bertulang. Kata Kunci: Double Track, Semarang - Gubug, Pemilihan Trase, Konstruksi Jalan Rel

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43193
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jul 2014 11:53
Last Modified:02 Jul 2014 11:53

Repository Staff Only: item control page