PEMBERIAN LARUTAN DAUN BINAHONG DALAM MEMPERPENDEK FASE INVOLUSI UTERUS KAMBING PERANAKAN ETAWAH BERDASARKAN TIPOLOGI FERNING SERVIKS DAN SALIVA

WIJAYANTI, Dwi (2014) PEMBERIAN LARUTAN DAUN BINAHONG DALAM MEMPERPENDEK FASE INVOLUSI UTERUS KAMBING PERANAKAN ETAWAH BERDASARKAN TIPOLOGI FERNING SERVIKS DAN SALIVA. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
94Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

129Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

36Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

284Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

62Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2485Kb

Abstract

DWI WIJAYANTI. 23010110130189. 2014. Pemberian Larutan Daun Binahong dalam Memperpendek Fase Involusi Uterus Kambing Peranakan Etawah Berdasarkan Tipologi Ferning Serviks dan Saliva (Effect of Binahong’s Leaves solution in Shortening Uterine Involution of Etawah Goat Grade Based on Typology of Ferning Cervical and Saliva) (Pembimbing: ENNY TANTINI SETIATIN dan DAUD SAMSUDEWA) Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian larutan daun binahong (Anredera cordifolia) dalam mempercepat penyembuhan luka uterus, memperpendek fase involusi uterus dan mempercepat munculnya berahi yang dievaluasi melalui gambaran tipologi ferning kambing. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai dasar dan informasi mengenai pengaruh pemberian larutan daun binahong (Anredera cordifolia) dalam memperpendek fase involusi uterus. Penelitian telah dilaksanakan mulai 25 Agustus sampai dengan 27 November 2013. Ada 2 lokasi penelitian yaitu Kelompok Tani Ternak (KTT) Pucung dan Kelompok Tani Ternak (KTT) Makmur, di Kelurahan Pudak Payung, Semarang. Pengamatan tipologi ferning dilakukan di Laboratorium Genetika, Pemuliaan dan Reproduksi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Delapan ekor kambing Peranakan Etawah (PE) dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok A (tanpa pemberian larutan daun Binahong), B (pemberian larutan daun Binahong sebanyak 0,54 g/kg bobot badan kambing), C (pemberian larutan daun Binahong sebanyak 0,64 g/kg bobot badan kambing) dan D (pemberian larutan daun Binahong sebanyak 0,78 g/kg bobot badan kambing). Pemberian larutan binahong diberikan selama 7 hari berturut turut pagi dan sore setelah 7 hari pasca melahirkan. Pengambilan lendir serviks dan saliva dilakukan pagi hari selama 7 hari setelah pemberian perlakuan. Hasil nilai p ferning serviks dan saliva kambing PE adalah 0.981 (p> 0,05) dan 0.847 (p> 0,05). Analisis Kruskal Wallis H – Test menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara ferning serviks dan saliva dengan pemberian larutan binahong pada kambing PE dalam memperpendek involusi uterus. Larutan daun binahong yang diberikan pada kambing Peranakan Etawah (PE) dari 0,54 g/kg bobot badan kambing hingga 0,78 g/kg bobot badan kambing selama 7 hari post partum sejak hari ke-8 sampai ke-14 belum dapat memperpendek fase involusi uterus. Fitoestrogen yang ada di dalam daun binahong baru dapat bekerja membantu kontraksi uterus untuk pengeluaran locia. Hal ini ditandai dengan belum terlihatnya gambaran ferning serviks dan saliva. Perlu penelitian lebih lanjut untuk dosis pemberian larutan daun binahong dalam rentan yang lebih besar dan kecil serta waktu pemberian larutan daun binahong perlu dilakukan secara simultan sebelum dan setelah melahirkan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:43155
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jun 2014 09:04
Last Modified:18 Jun 2014 09:04

Repository Staff Only: item control page