SIKAP BAHASA SANTRI PADA KONTEKS PEMERTAHANAN BAHASA JAWA DALAM PROSES PENGAJARAN DI PESANTREN (study pada pesantren-pesantren di Kota Semarang)

Dwi Wulandari, S.S., M.A. and Wiwiek Sundari, Dra., M.Hum. (2012) SIKAP BAHASA SANTRI PADA KONTEKS PEMERTAHANAN BAHASA JAWA DALAM PROSES PENGAJARAN DI PESANTREN (study pada pesantren-pesantren di Kota Semarang). UNDIP. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
519Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap bahasa santri di pesantren-pesantren di Kota Semaranng dan untuk melihat bagaimana output positif yang dihasilkan sikap tersebut terhadap posisi Bahasa Jawa dalam konteks pemertahanan Bahasa Jawa. Teori yang melandasi penelitian ini adalah kontaks linguistics yang melihat posisi bahasa dalam tataran bilingualism dan atau diglosik dan teori sikap bahasa yang terfokus pada komponen dan faktor-faktor terbentuknya sikap bahasa. Konsep pemertahanan bahasa juga penting untuk dilihat karena sikap bahasa yang positif seharusnya menghasilkan perilaku berbahasa yang positif yang pada akhirnya akan mempermudah pemertahanan bahasa. Penelitian ini dilakukan pada 15 pesantren di Kota Semarang dengan memberikan angket pada 20 persen santri pada tiap pesantren tersebut dan melakukan pengamatan penggunaan Bahasa Jawa pada ke 15 pesantren tersebut. Dari 15 pesantren tersebut kemudian diambil 150 santri yang merupakan sampel real untuk diberikan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri secara umum memiliki sikap bahasa yang positif terhadap Bahasa Jawa. Hampir semua santri bisa berbahasa Jawa Ngoko, dan merasa harus menggunakan berbahasa Jawa Krama untuk berkomuniksi dengan kyai, meskipun dengan resiko salah. Selain dipandang sebagai suatu keharusan, Bahasa Jawa juga dipandang perlu secara sentimental, yaitu sebagai bagian dari identitas mereka dan untuk meneruskan tradisi. Hal ini juga mengimplikasikan daya tarik bahasa secara instrumental, yakni bahasa Jawa akan dipakai untuk meneruskan pengajaran – bahwa santri nantinya akan meneruskan pekerjaan mengajar dengan model tersebut pada generasi berikutnya. Key word: sikap bahasa, posisi bahasa, pesantren, pemertahanan bahasa

Item Type:Other
Subjects:A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:43120
Deposited By:mrs sastra inggris
Deposited On:04 Jun 2014 14:43
Last Modified:04 Jun 2014 14:43

Repository Staff Only: item control page