AMANULLAH, RIZQI (2014) ANALISIS KESESUAIAN ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN KARYAWAN DARI ASPEK ORGANISASI DI PUSKESMAS BULU LOR SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 12Kb |
Abstract
Pada Puskesmas Bulu Lor Semarang didapatkan adanya ketidakpuasan petugas terhadap kepemimpinan, kompensasi, lingkungan kerja, kesempatan promosi kepegawaian, dan supervisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara harapan dan kenyataan karyawan terhadap kepuasan kerja dari aspek organisasi di Puskesmas Bulu Lor Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode survey dan pendekatan cross sectional. Aspek yang diteliti adalah kepemimpinan, kompensasi, lingkungan kerja, kesempatan promosi kepegawaian, dan supervisi. Sampel penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Puskesmas Bulu Lor Semarang yang berjumlah 17 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang diberikan dua kali yang pertama harapan dan yang kedua kenyataan. Analisis data penelitian ini menggunakan Importance Performance Analysis dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan karyawan tentang kepemimpinan dengan nilai rata- rata kesesuaian 89,95%, kompensasi 82,82%,lingkungan kerja 76,47%, kesempatan promosi 86,59%, dan supervisi 84,50%. Hasil rekapitulasi analisis diagram kartesius menunjukkan bahwa masih terdapat aspek yang perlu diperbaiki yaitu aspek lingkungan kerja dan yang dipertahankan yaitu aspek kepemimpinan dan kompensasi. Saran yang perlu dilakukan adalah, Kepala Puskesmas diharapkan dapat menempatkan pekerjaan pegawai, dan mempertimbangkan lebih dalam apabila menempatkan pegawai sesuai dengan keahliannya, memberikan waktu untuk komunikasi kepada pegawai di sela – sela pekerjaan dinas luar yang padat, memberikan insentif yang dirasa adil sesuai dengan beban kerja, puskesmas perlu mengupayakan insentif sesuai dengan aturan yang berlaku, merekrut penjaga malam untuk menjaga keamanan puskesmas di malam hari, menyediakan fasilitas kerja yang lebih baik, Kepala Puskesmas Bulu Lor memfasilitasi kenaikan pangkat bagi pegawai sesuai waktu, supervisi dari Kepala Puskesmas secara rutin, memberikan evaluasi, koreksi dan pembinaan terhadap pegawai yang kurang disiplin Kata Kunci: karyawan, Puskesmas, harapan, kenyataan, aspek organisasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 42997 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 30 Apr 2014 10:06 |
Last Modified: | 30 Apr 2014 10:06 |
Repository Staff Only: item control page