PENGARUH PEMBERIAN KACANG TANAH KUKUS (Arachis hypogeae) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH POSTPRANDIAL PADA PEREMPUAN OVERWEIGHT dan OBESITAS

Putri, Tri Hanni Desiana and Probosari, Enny (2014) PENGARUH PEMBERIAN KACANG TANAH KUKUS (Arachis hypogeae) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH POSTPRANDIAL PADA PEREMPUAN OVERWEIGHT dan OBESITAS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
100Kb

Abstract

Latar Belakang : Overweight dan obesitas beresiko tinggi terkena diabetes melitus tipe 2 yang berawal dari terjadinya resistensi insulin. Kacang tanah merupakan salah satu pangan rendah indeks glikemik, tinggi MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid), serta tinggi magnesium. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pemberian kacang tanah kukus terhadap kadar glukosa darah postprandial pada perempuan overweight dan obesitas. Metode : Jenis penelitian adalah true experiment dengan pre test-post test design. Subjek penelitian adalah mahasiswi Ilmu Gizi UNDIP Semarang yang diambil secara purposive sampling sebanyak 28 orang dan dibagi menjadi 2 kelompok secara simple randomization. Kelompok perlakuan diberi kacang tanah kukus 28 gram selama 14 hari, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan kacang tanah kukus. Pengukuran kadar postprandial dilakukan sebelum dan setelah intervensi dengan metode spektrofotometri. Asupan makan subjek diperoleh dengan metode food recall 5x24 jam selama intervensi. Analisis statistik menggunakan Independent sample t-test, Mann-Whitney test, dan Paired t-test. Hasil : Kelompok perlakuan mengalami penurunan kadar glukosa darah postprandial yang bermakna (p=0.02) sebesar 18,92±13,73 mg/dl sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 19,50±9,43 mg/dl. Secara statistik, tidak terdapat perbedaan perubahan kadar glukosa darah postprandial antara kelompok perlakuan dan kontrol yang bermakna (p>0.005). Simpulan : Terdapat penurunan kadar glukosa darah postprandial yang bermakna setelah pemberian 28 gram kacang tanah kukus selama 14 hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:kacang tanah, glukosa darah, perempuan overweight dan obesitas
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:42861
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Apr 2014 13:30
Last Modified:08 Apr 2014 13:30

Repository Staff Only: item control page