PENGARUH PENGADUKAN PADA DIGESTER BIOGAS DENGAN FESES SAPI MADURA SEBAGAI SUBSTRAT TERHADAP PRODUKSI METAN HARIAN, VOLATILE SOLID REDUCTION DAN pH

HARDHANI, Ericka Yuli (2014) PENGARUH PENGADUKAN PADA DIGESTER BIOGAS DENGAN FESES SAPI MADURA SEBAGAI SUBSTRAT TERHADAP PRODUKSI METAN HARIAN, VOLATILE SOLID REDUCTION DAN pH. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
63Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

172Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

227Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

189Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

34Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

144Kb

Abstract

RINGKASAN ERICKA YULI HARDHANI. 23010110110034. 2014. Pengaruh Pengadukan pada Digester Biogas dengan Feses Sapi Madura sebagai Substrat terhadap Produksi Metan Harian, Volatile Solid Reduction dan pH (The Effect of Steering on Biogas Digester Using Dung Cattle Manure as Substrate on Methane Production, Volatile Solid Reduction and pH). (Pembimbing: AGUNG PURNOMOADI dan SUTARYO). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengadukan pada digester biogas dengan bahan baku feses sapi Madura sebagai substrat terhadap produksi metan harian, volatile solid reduction (VS Reduction) dan pH slurry. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2013 di Laboratorium Ilmu Ternak Potong dan Perah Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan yaitu feses sapi Madura sebagai bahan utama dan air sebagai bahan pencair feses dengan perbandingan 1:1. Bahan pendukung lainnya yaitu larutan NaOH 4% (w/w) sebagai larutan untuk menyerap gas CO2. Peralatan yang digunakan yaitu 2 unit rangkaian digester, rangkaian alat pengukur produksi metan, oven, tanur, timbangan digital berjenis Electronic Price Computing Scale dan Electronic Kitchen Scale SF-400, pH meter (Hanna Instruments), thermohygrometer, timbangan analitik, freezer, refrigerator, corong, sendok plastik dan gelas beker. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 perlakuan yaitu T1 dengan bahan isian feses sapi madura dicairkan dengan air tanpa pengadukan pada digester dan T2 dengan bahan isian feses sapi madura dan dilakukan pengadukan pada digester. Ulangan yang dilakukan berupa pengambilan data selama 2 kali hidraulic retention time (HRT) dimana 1 kali HRT yaitu selama 25 hari. Variabel penelitian yang diamati meliputi produksi metan, VS Reduction dan nilai pH slurry. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara nyata (P> 0,05) pada digester tanpa pengaduk dan dengan pengaduk terhadap produksi metan rata-rata selama 50 hari (613,89 ml/ l volume digester aktif vs 667,07 ml/ l volume digester aktif), VS Reduction (31,53% vs 40,15%), dan pH (6,86 vs 6,89). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pengadukan pada digester biogas tidak memberikan pengaruh terhadap produksi metan, nilai VS Reduction dan pH slurry.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:42768
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Apr 2014 14:12
Last Modified:03 Apr 2014 14:12

Repository Staff Only: item control page