ANALISIS ADOPSI TEKNOLOGI VERMIKOMPOS TERHADAP PENINGKATAN NILAI TAMBAH PENDAPATAN PADA KELOMPOK TANI TERNAK SUMBER MAKMUR DESA MENDONGAN KECAMATAN SUMOWONO

PUTRA, Bagus Dwi Pradipta (2014) ANALISIS ADOPSI TEKNOLOGI VERMIKOMPOS TERHADAP PENINGKATAN NILAI TAMBAH PENDAPATAN PADA KELOMPOK TANI TERNAK SUMBER MAKMUR DESA MENDONGAN KECAMATAN SUMOWONO. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
77Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

89Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

221Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

113Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

114Kb

Abstract

RINGKASAN BAGUS DWI PRADIPTA PUTRA. H2A 009 164. 2014. Analisis Adopsi Teknologi Vermikompos Terhadap Peningkatan Nilai Tambah Pendapatan Pada Kelompok Tani Ternak Sumber Makmur Desa Mendongan Kecamatan Sumowono (Pembimbing: WILUDJENG ROESSALI dan BAMBANG TRISETYO EDDY) Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) memperkenalkan teknik pembuatan pupuk organik dengan teknologi vermikompos, (2) mengetahui tingkat adopsi teknologi dan (3) menghitung nilai tambah teknologi vermikompos di KTT Sumber Makmur Desa Mendongan Kabupaten Semarang. Metode ekperimen, survei dan observasi digunakan untuk pengumpulan data. Responden berjumlah 20 orang partisipan yang bersedia mengikuti program. Data diamati berkaitan dengan perilaku peternak yang meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan diukur menggunakan skor dan dianalisis secara deskriptif. Nilai tambah dihitung dari hasil pengurangan nilai produk dengan harga bahan baku pupuk dan sumbangan input lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peternak tentang teknologi vermikompos meningkat sebesar 9,45%. Teknologi vermikompos mendapat respon baik, sebesar 50% responden bersedia mempraktekkan dan tingkat adopsi teknologi dikategori tinggi dengan skor 76,23%. Teknologi vermikompos adalah teknologi yang dibutuhkan mereka untuk mengolah limbah karena dapat dilakukan dengan cara mudah dan dalam waktu relatif singkat. Ratarata potensi limbah kotoran domba yang dihasilkan sebanyak 402,57 Kg per bulan. Rata-rata pengolahan vermikompos pada bulan pertama produksi per 93 kg feses domba, setara 18,74% rata-rata produksi limbah dan menghasilkan nilai tambah pendapatan sebesar 5,83%. Peningkatan nilai tambah akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan cacing sebagai mesin kompos.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:42764
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:03 Apr 2014 12:08
Last Modified:03 Apr 2014 12:08

Repository Staff Only: item control page