PRODUKSI BAHAN KERING, NITROGEN DAN FOSFOR JERAMI JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata) DENGAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG DAN FOSFAT

YULIASTUTI, Lutfiana Dewi (2013) PRODUKSI BAHAN KERING, NITROGEN DAN FOSFOR JERAMI JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata) DENGAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG DAN FOSFAT. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
267Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

163Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

209Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

166Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

155Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1410Kb

Abstract

RINGKASAN LUTFIANA DEWI YULIASTUTI. H2A 009 110. 2013. Produsi Bahan Kering, Nitrogen, dan Fosfor Jerami Jagung Manis (Zea mays saccharata) dengan Pemberian Pupuk Kandang dan Fosfat. Production of Dry Matter, Nitrogen and Phosphorus of Sweet Corn Straw (Zea mays saccharata) with Manure and Phosphate Fertilizer Application (Pembimbing : DWI RETNO LUKIWATI dan KARNO) Tujuan penelitian adalah mengetahui produksi bahan kering (BK), nitrogen (N) dan fosfor (P) jerami jagung manis dengan pemberian pupuk kandang dan fosfat yang berbeda. Hasil penelitian diharapkan dapat melengkapi informasi tentang peranan pupuk kandang dan pupuk fosfat dalam meningkatkan produksi dan nutrisi jerami jagung manis. Penelitian dilaksanakan bulan November 2012 sampai Februari 2013 di lahan percobaan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan pada penelitian adalah pupuk kandang, batuan fosfat, super fosfat, urea, KCl, dan benih jagung manis. Alat yang digunakan pada penelitian adalah peralatan laboratorium (seperti oven, timbangan analitis), dan peralatan lahan (seperti cangkul dan sabit). Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 7 perlakuan dan 4 ulangan dengan ukuran petak masing-masing 3,5 x 1,6 m dengan jumlah keseluruhan 28 petak. Perlakuan yang dipergunakan adalah T0 : kontrol, T1 : pukan, T2 : pukan ‘plus’ T3 : pukan + BP, T4 : pukan + SP, T5 : pupuk BP, T6 : pupuk SP. Data yang diamati adalah produksi BK, N dan P jerami yang dipengaruhi oleh pemberian pupuk yang berbeda. Data yang diperoleh dianalisis secara statistic dengan uji F dari Analisis of Varian, dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi bahan segar (BS), bahan kering (BK), nitrogen (N) dan fosfor (P) dipengaruhi oleh perlakuan yang diberikan. Produksi BS dan BK jerami pada perlakuan T2 (pukan ’plus’) setara dengan T6 (SP) dan lebih tinggi dibanding perlakuan lainnya kecuali terhadap T4. Produksi N dan P jerami dengan perlakuan T2 (pukan ‘plus’) setara dengan T4 (pukan + SP) dan T6 (SP). Oleh karena pukan ‘plus’ dapat menggantikan pupuk SP untuk meningkatkan produksi dan kandungan jerami jagung manis pada tanah latosol.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:42688
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Mar 2014 12:45
Last Modified:18 Mar 2014 12:45

Repository Staff Only: item control page