Perencanaan Bangunan Pengendali Sedimen, Zona Non Cekungan Air Tanah, Hulu Sungai Serang, Wonosegoro, Kabupaten Boyolali.

Prasetiyo, Rizki Adi and Amali, Adib (2014) Perencanaan Bangunan Pengendali Sedimen, Zona Non Cekungan Air Tanah, Hulu Sungai Serang, Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
102Kb

Abstract

Daerah bukan Cekungan Air Tanah (Non-CAT) adalah wilayah yang tidak dibatasi oleh batas hidrogeologis dan tidak atau bukan tempat semua kejadian hidrogeologi seperti proses pengimbuhan, pengaliran, dan pelepasan air tanah berlangsung serta tidak memiliki satu kesatuan sistem akuifer. Pada daerah Non-CAT, ketersediaan air hanya pada pucuk tanah, sehingga sangat penting untuk menjaga ketersediaan air tersebut. Perubahan tata guna lahan dan adanya penambangan berpengaruh pada terjadi longsor dan besarnya laju erosi sedimentasi yang terjadi pada DAS Serang. Maksud dari studi ini adalah mengurangi sedimentasi erosi tanah dan memelihara ketersediaan air pada daerah Non-CAT. Tujuan dari studi adalah untuk mengetahui besarnya laju erosi sedimentasi yang terjadi di DAS Serang Wonosegoro dan mencari solusi untuk mengatasi erosi dan sedimentasi pada DAS Serang. Metode yang digunakan dalam menganasisis laju sedimentasi adalah metode Universal Soil Loss Equation (USLE). Metode USLE ini digunakan memprediksi laju erosi rata-rata lahan di DAS Serang. Input data yang diperlukan dalam metode USLE ini adalah faktor erosivitas hujan dan aliran permukaan (R), faktor erodibilitas tanah (K), faktor panjang-kemiringan lereng (Ls), faktor tanaman penutup lahan dan manajemen tanaman (C), dan faktor tindakan konservasi praktis (P). Besarnya kapasitas transport sedimen dapat dihitung dengan metode Ackers & White. Hasil dari analisis transport sedimen dengan metode Ackers & White adalah Qs = 5,174 ton / hari. Besarnya laju sedimentasi pada DAS Serang adalah sebesar 17,579 ton/ha/tahun melebihi batas yang diijinkan yaitu sebesar 10 ton/ha/tahun. Oleh karena itu untuk mengatasi laju sedimen pada DAS Serang maka diperlukan bangunan pengendali sedimen (Check Dam). Keywords : Check Dam, Non-CAT, DAS Serang, Sedimentasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:42651
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:12 Mar 2014 15:58
Last Modified:12 Mar 2014 15:58

Repository Staff Only: item control page