Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Perusahaan dalam Pelaksanaan BPJS di Kota Mataram

Zaidah, Una (2014) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Perusahaan dalam Pelaksanaan BPJS di Kota Mataram. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
12Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 2013 ABSTRAK Una Zaidah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Perusahaan dalam Pelaksanaan BPJS di Kota Mataram xiv + 118 halaman + 24 tabel + 5 gambar + 15 lampiran BPJS kesehatan merupakan perlindungan berupa jaminan social untuk melindungi masyarakat dan tenaga kerja Indonesia dari masalah kesehatan. Sampai dengan tahun 2010 masih banyak perusahaan di Kota Mataram yang belum masuk menjadi peserta program Jamsostek, disebabkan karena masih kurangnya sosialisasi sehingga banyak yang tidak mengetahui arti pentingnya jaminan pemeliharaan kesehatan bagi kelansungan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kesiapan perusahaan dalam pelaksanaan BPJS. Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrument penelitian menggunakan kuesioner pada 113 unit perusahaan dan pimpinan perusahaan sebagai responden. Data penelitian diolah dengan uji univariat, bivariat dan multivariat dengan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden berpendidikan D3 (27,4%), jenis usaha menurut tingkat pendapatan perusahaan tertinggi usaha micro (64,6%), jenis usaha bila dilihat dari jumlah tenaga kerja termasuk dalam usaha kecil sebesar (90,3%). Berdasarkan pengelompokkan jawaban diperoleh hasil bahwa pengetahuan kurang baik (52,2%), karakteristik inovasi kurang baik (50,4%), saluran komunikasi baik (52,2%), sistem sosial kurang baik (54%), promosi agen pembaharuan kurang baik (50,4%) dan kesiapan perusahaan dengan tidak siap (54%). Hasil analisis hubungan menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p=0,0001, r =0,898 ), karakteristik inovasi (p=0,0001, r = 0,888), saluran komunikasi (p=0,0001, r = 0,886), sistem sosial (p=0,0001, r = 0,894) dan promosi agen pembaharuan (p=0,0001, r = 0,704) dengan kesiapan perusahaan dalam pelaksanaan BPJS. Hasil analisis multivariate variabel pengetahuan, karakteristik inovasi, saluran komunikasi dan system social berpengaruh secara bersama-sama terhadap kesiapan perusahaan (uji F = 223,404). Disarankan untuk melakukan sosialisasi pada perusahaan. Didalam lingkungan perusahaan penyampaian informasi dengan komunikasi interpersonal. Informasi yang disampaikan harus jelas dan lengkap. Kata Kunci : Pengetahuan, karakteristik inovasi, saluran komunikasi, system social, promosi agen perubahan, kesiapan perusahaan Diponegoro University Faculty of Public Health Master’s Program in Public Health MajoringinHealthPolicyAdministration 2013 ABSTRACT Una Zaidah Factors Influencing Readiness of Companies in Implementing Social Insurance Organizing Body in Mataram City xiv + 118 pages + 24 tables + 5 figures + 15 enclosures Social Insurance Organizing Body is to protect community and Indonesian workers from health problems. Until 2010, many companies in Mataram City had not been a member of social insurance for workers because there was a lack of socialization in terms of the importance of health insurance for companies’ sustainability. This research aimed to identify factors influencing readiness of companies in implementing Social Insurance Organizing Body. This was analytic survey with cross-sectional approach. Samples were 113 company managers. Data were collected using a questionnaire and analyzed using the methods of univariate, bivariate, and multivariate (Linear Regression test). The result of this research revealed that percentage of respondents graduated from Diploma III was 27.4%, type of business based on the highest income level of a micro business (64.6%), and type of small business based on number of employees (90.3%). In addition, mostly respondents had low knowledge (52.2%), bad characteristics of innovation (50.4%), good communication channel (52.2%), bad social system (54%), bad promotion of reforming agent (50.4%), and unready company (54%). Furthermore, variables of knowledge (p=0.0001, r=0.898), characteristics of innovation (p=0.0001, r=0.888), communication channel (p=0.0001, r=0.886), social system (p=0.0001, r=0.894), and promotion of reforming agent (p=0.0001, r=0.704) had significant correlation with readiness of companies in implementing Social Insurance Organizing Body. Multivariate analysis showed that variables of knowledge, characteristics of innovation, communication channel and social system jointly influenced readiness of companies (F test= 223.404). As a suggestion, dissemination of information needs to be conducted among companies. Additionally, providing information in companies needs to be done by using a method of interpersonal communication. Provided information must be clear and complete. Key Words : Knowledge, Characteristics of Innovation, Communication Channel, Social System, Promotion of Reforming Agent, Readiness of Companies

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:42635
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Mar 2016 21:15
Last Modified:14 Mar 2016 21:15

Repository Staff Only: item control page