HUBUNGAN ANTARA NILAI SELEKSI UJIAN MASUK DAN NILAI EBTANAS MURNI DENGAN PRESTASI BELAJAR TINGKAT I SEMESTER PERTAMA MAHASISWA AKADEMI PERAWATAN JAMBI, TAHUN 1991/1992

ASMUNI, ASMUNI (1992) HUBUNGAN ANTARA NILAI SELEKSI UJIAN MASUK DAN NILAI EBTANAS MURNI DENGAN PRESTASI BELAJAR TINGKAT I SEMESTER PERTAMA MAHASISWA AKADEMI PERAWATAN JAMBI, TAHUN 1991/1992. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indikator yang cukup penting di dalam menentukan keberhasilan suatu lembaga pendidikan, serta dapat juga berfungsi sebagai indikator daya serap dan kecerdasan siswa, yang dapat digunakan untuk menyusun dan menetapkan suatu keputusan atau langkah-langkah kebijaksanaan baik yang menyangkut siswa, pendidikan maupun institusi yang mengelola program pendidikan. Prestasi belajar juga sangat berguna dalam penelitian-penelitian pendidikan, karena prestasi belajar dapat diasumsikan sebagai ukuran keberhasilan dalam belajar yang paling valid dan reliabel. Seseorang mahasiswa untuk memperoleh prestasi balajar yang baik, bukanlah suatu hal yang mudah, sebab banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor : salah satu diantaranya adalah nilai prestasi mahasiswa sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kepastian ada tidaknya hu8bungan antara nilai seleksi ujian masuk dan nilai ebtanas murni waktu di SLTA dengan nilai prestasi belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa pada semester pertama tahun ajaran 1991/1992. Penelitian ini menggunakan metode analisa data sekunder, dengan tipe, penelitian penjelasan (ekplonatory research) dan sampel seluruh populasi (total populasi). Dari penelitian ini diperoleh hasil : Ada hubungan yang bermakna antara nilai seleksi ujian masuk dengan nilai prestasi belajar (IP) dengan koafisien korelasi (r) = 0,464 pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Ada hubungan yang bermakna antara nilai ebtanas murni (NEM) waktu di SLTA dengan nilai prestasi belajar (IP), dengan koafisien korelasi (r) = 0,483 pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Bila selama ini kebijaksanaan Depkes RI dalam menjaring calon- calon mahasiswa baru pendidikan para medis kesehatan hanya menggunakan seleksi ujian tulis, maka dengan hasil penelitian ini merupakan masukan bahwa nilai ebtanas murni (NEM) dapat dipakai sebagai salah satu kriteria penentuan penerimaan mahasiswa baru. Kata Kunci: Prestasi belajar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:4263
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Jan 2010 09:12
Last Modified:19 Jan 2010 09:12

Repository Staff Only: item control page