KOMBINASI PAKAN SINGLE STEP DOWN dan AIR JERUK NIPIS SEBAGAI ACIDIFIER terhadap MIKROBIA USUS, pH dan LAJU DIGESTA PADA BROILER

Fushsilaty, Juli Rizkia (2013) KOMBINASI PAKAN SINGLE STEP DOWN dan AIR JERUK NIPIS SEBAGAI ACIDIFIER terhadap MIKROBIA USUS, pH dan LAJU DIGESTA PADA BROILER. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
458Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

112Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

290Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

281Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

143Kb

Abstract

RINGKASAN JULI RIZKIA FUSHSILATY. H2A009172. 2013. Kombinasi Pakan Single Step Down dan Air Jeruk Nipis Sebagai Acidifier terhadap Mikrobia Usus, pH dan Laju Digesta Pada Broiler. (Feeding Single Step Down With The Addition of Lime Juice as Acidifier on Intestinal Microbial, pH and Digest Rate of Passage Broiler Chickens). (Pembimbing: NYOMAN SUTHAMA dan VITUS DWI YUNIANTO). Penelitian bertujuan mengkaji efek pemberian air jeruk nipis terhadap mikrobia usus, pH dan laju digesta pada ayam broiler yang diberi pakan single step down. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga November 2012 di Kandang Digesti Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Ternak penelitian adalah ayam broiler umur 8 hari yang terdiri dari 96 ekor jantan dan 96 ekor betina (total 192 ekor) dengan bobot badan awal rata-rata 224,43±1,63g. Pakan pabrikan diberikan pada minggu pertama, sedangkan, pakan penelitian terdiri dari jagung, dedak, minyak nabati, tepung ikan, bungkil kedelai, bungkil kelapa, CaCO3, tepung kulit kerang dan premix (pakan step down). Sumber asam sitrat alami berasal dari air jeruk nipis (AJN) dan asam sitrat sintetis (AS) sebagai pembanding. Perlakuan yang diberikan adalah P0= Pakan standar (tanpa step down dan AJN), P1= Pakan step down (tanpa AJN), P2= Pakan step down+ asam sitrat 0,8% (kontrol asam sitrat), P3= Pakan step down+ 0,4% asam sitrat (6,9 ml AJN), P4= Pakan step down+ 0,8% asam sitrat (13,8 ml AJN) dan P5= Pakan step down+ 1,2% asam sitrat (20,7 ml AJN). Penelitian disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati meliputi mikrobia usus, pH dan laju digesta. Data dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan air jeruk nipis berpengaruh terhadap pertumbuhan total bakteri asam laktat, tetapi tidak terhadap total bakteri Eschericia coli, pH dan laju digesta. Nilai total bakteri asam laktat (BAL) tertinggi dicapai oleh perlakuan P3 (3,625x102 cfu/ml) dan terendah P5 (5x101 cfu/ml), sedangkan parameter lain (E.coli dan laju digesta) terutama E.coli menunjukkan hasil yang cenderung menurun. Simpulan penelitian adalah penambahan (6,9 ml AJN) setara dengan (0,4% AS) dalam pakan sedikit menurunkan total bakteri E.coli tetapi meningkatkan total bakteri asam laktat pada usus halus ayam broiler khususnya duodenum.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:42604
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Mar 2014 09:08
Last Modified:06 Mar 2014 09:09

Repository Staff Only: item control page