Pengaruh Pemberian Vitamin A, B12, C dan Kombinasi Ketiganya Melalui Drinking Water Terhadap Panjang dan Bobot Tulang Femur, Tibia dan Tarsometatarsus Puyuh (Coturnix coturnix japonica L.)

Setiawan, Erik and Praseno, Koen and M. Mardiati, Siti Pengaruh Pemberian Vitamin A, B12, C dan Kombinasi Ketiganya Melalui Drinking Water Terhadap Panjang dan Bobot Tulang Femur, Tibia dan Tarsometatarsus Puyuh (Coturnix coturnix japonica L.). ANATOMI FISIOLOGI, XXI (1). pp. 36-44. ISSN 0854-5367

[img]
Preview
PDF - Published Version
150Kb

Abstract

Produktivitas puyuh (Coturnix coturnix japonica L.) yang meningkat merupakan pencapaian utama dari kegiatan beternak. Hal tersebut didukung oleh proses metabolisme yang baik, sehingga untuk menjaga proses tersebut agar berjalan dengan baik maka dibutuhkan vitamin pada ransum. Vitamin adalah zat yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh serta dalam proses pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif optimalisasi perkembangan dengan manajemen pemberian suplemen pada puyuh yaitu vitamin A, B12, C dan kombinasi ketiganya melalui drinking water. Perlakuan dimulai pada saat puyuh berumur 29 hari sampai umur 63 hari. Paramater dalam penelitian ini adalah panjang dan bobot tulang femur, tibia dan tarsometatarsus. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), seluruh data dianalisis dengan Analysis of Varian (ANOVA). Hasil analisis yang berbeda nyata diuji dengan uji lanjut Jarak Berganda Duncan pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian larutan vitamin A, B12, C dan kombinasi ketiganya memberikan perbedaan tidak nyata terhadap panjang dan bobot tulang femur, tibia dan tarsometatarsus. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian larutan vitamin tersebut tidak berpotensi untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan tulang puyuh.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:puyuh, vitamin, panjang dan bobot tulang
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:42553
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:28 Feb 2014 21:03
Last Modified:28 Feb 2014 21:03

Repository Staff Only: item control page