Pengaruh Penambahan Arang dan Abu Sekam dengan Proporsi yang Berbeda terhadap Permeabilitas dan Porositas Tanah Liat serta Pertumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata L)

Hesti Kusuma, Andriana and Izzati, Munifatul and Saptiningsih, Endang (2013) Pengaruh Penambahan Arang dan Abu Sekam dengan Proporsi yang Berbeda terhadap Permeabilitas dan Porositas Tanah Liat serta Pertumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata L). ANATOMI FISIOLOGI, XXI (1). pp. 1-9. ISSN 0854-5367

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
217Kb

Abstract

Penambahan arang dan abu sekam telah banyak diaplikasikan terhadap tanah pertanian maupun tanah pada lahan-lahan marginal. Arang dan abu sekam dapat memperbaiki sifat fisik tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penambahan arang dan abu sekam pada berbagai proporsi yang berbeda terhadap permeabilitas dan porositas tanah liat, serta pertumbuhan kacang hijau (Vigna radiata L). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan arang dan abu sekam dengan proporsi yang berbeda tidak dapat meningkatkan permeabilitas, porositas tanah liat, dan berat kering akar. Tetapi, penambahan arang dan abu sekam dengan proporsi yang berbeda dapat meningkatkan panjang akar lateral dan berat kering tajuk. Penambahan arang sekam pada proporsi penambahan 50% menghasilkan akar lateral terpanjang, yaitu 67,01 cm. Penambahan arang dan abu sekam dapat meningkatkan berat kering tajuk. Berat kering tajuk tertinggi 1,26 gr dihasilkan oleh penambahan abu sekam. Penambahan arang dan abu sekam dengan proporsi yang berbeda tidak dapat memperbaiki sifat fisik tanah liat, tetapi dapat meningkatkan pertumbuhan kacang hijau, terutama panjang akar lateral dan berat karing tajuk.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:husk charcoal, husk ash, permeability, porosity, the growth of Vigna radiata L
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:42549
Deposited By:Mr. Biologi Admin
Deposited On:28 Feb 2014 20:17
Last Modified:28 Feb 2014 20:17

Repository Staff Only: item control page