HUBUNGAN KUALITAS SEMEN ENTOK (Cairina moschata) DAN ITIK (Anas platyrhynchos) SECARA MAKROSKOPIS TERHADAP KONSENTRASI SPERMATOZOA

Sariffudin, Apriyani Nur (2014) HUBUNGAN KUALITAS SEMEN ENTOK (Cairina moschata) DAN ITIK (Anas platyrhynchos) SECARA MAKROSKOPIS TERHADAP KONSENTRASI SPERMATOZOA. Undergraduate thesis, Peternakan.

[img]
Preview
PDF
176Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

91Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

97Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

171Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

88Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

163Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

217Kb

Abstract

APRIYANI NUR SARIFFUDIN. H2A 009 202. 2013. Hubungan Kualitas Semen Entok (Cairina Moschata) dan Itik (Anas Platyrhynchos) Secara Makroskopis Terhadap Konsentrasi Spermatozoa (Relationship between Macroscopic Semen Quality on Muscovy Duck (Cairina Moschata) and Duck (Anas Platyrhynchos) and Concentration of Sperm). (Pembimbing : YON SOEPRI ONDHO dan SENO JOHARI). Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hubungan antara kualitas semen entok dan semen itik secara makroskopis (volume, pH, konsistensi) terhadap konsentrasi spermatozoa, 2) untuk mengetahui kualitas semen entok dan semen itik yang baik. Penelitian dilakukan pada bulan Juli – Desember 2012 di Kandang Desa Leyangan, Ungaran, Jawa Tengah. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 ekor entok jantan dan 3 ekor itik jantan (n total = 8 ekor), semen yang ditampung dari kedua jenis ternak. Bahan yang digunakan yaitu KY Jelly dan larutan eosin 2%. Alat yang digunakan yaitu satu set vagina buatan, tabung eppendorf, kertas universal indikator pH, mikroskop, pipet eritrosit, kamar hitung Neubauer, dan hand tally counter. Parameter yang diamati meliputi volume, warna, pH, konsistensi dan konsentrasi spermatozoa. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan independent t-test dan kemudian untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh antara evaluasi semen secara makroskopis terhadap konsentrasi spermatozoa digunakan analisis korelasi regresi. Hipotesis sementara penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas semen secara makroskopis terhadap konsentrasi spermatozoa. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi antara volume semen entok dan volume semen itik terhadap konsentrasi (sig > 0,050). Terdapat korelasi sedang antara pH semen entok dan pH semen itik terhadap konsentrasi dengan nilai r masing-masing -0,287 dan -0,346. Hubungan paling kuat ditunjukkan oleh korelasi antara konsistensi semen entok dan konsistensi semen itik terhadap konsentrasi dengan nilai r masing-masing 0,495 dan 0,9. Persamaan garis Y = -5,5 + 109,25X3 pada itik dapat digunakan untuk memprediksi jumlah konsentrasi sel spermatozoa (karena nilai sig < 0,05). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara volume semen pada entok dan itik dengan konsentrasi spermatozoanya sedangkan pH dan konsistensi semen pada entok dan itik mempunyai hubungan terhadap konsentrasi spermatozoanya. Kualitas semen segar dari entok dan itik yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai kualitas yang baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:42415
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Mar 2014 08:10
Last Modified:04 Mar 2014 08:10

Repository Staff Only: item control page