PENERAPAN SISTEM AGRIBISNIS PETERNAKAN KAMBING JAWA RANDU DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN WILAYAH KECAMATAN KARANGPUCUNG, KABUPATEN CILACAP

PRIHATININGRUM, Dewi Nortyas and MA'RIF, Samsul (2012) PENERAPAN SISTEM AGRIBISNIS PETERNAKAN KAMBING JAWA RANDU DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN WILAYAH KECAMATAN KARANGPUCUNG, KABUPATEN CILACAP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4027Kb

Abstract

Kecamatan Karangpucung merupakan sentra peternakan kambing Jawa Randu yang dikembangkan oleh sebagian besar masyarakat setempat. Jenis kambing Jawa Randu merupakan hasil persilangan kambing Jawa dengan kambing Etawa, yang disebut kambing Jawa Randu. Hasil peternakan kambing Jawa Randu memiliki peminat tinggi, bukan hanya dari masyarakat lokal saja namun juga peminat dari luar daerah bahkan luar provinsi. Konsumen Kambing Jawa Randu berasal dari Banyumas, Banjarnegara, Purworejo, Kebumen, Jawa Barat dan DKI, dan sekitarnya. Namun demikian, pengembangannya selama ini hanya dilakukan dengan cara tradisional yang turun temurun bahkan sebagian masih berifat subsisten atau hanya untuk mencukupi kebutuhan sendiri, dan belum berorientasi bisnis. Orientasi peternak hanya membudidayakan kambing sampai bertambah berat badanya lalu dijual, tanpa meningkatkan nilai tambah dari susu, kulit, maupun daging. Dari beberapa permasalahan tersebut, dapat dibuat rumusan permasalahannya yaitu bahwa kegiatan pengembangan peternakan kambing Jawa Randu belum berorientasi pada sistem agribisnis secara keseluruhan karena masih mengalami kendala dalam melakukan subsistem hilir.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
S Agriculture > SF Animal culture
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:42375
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:21 Feb 2014 10:24
Last Modified:14 Jul 2014 10:20

Repository Staff Only: item control page