ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SUBSISTEM AGRIBISNIS BANDENG(Chanos-chanos) PRESTO DI KOTA SEMARANG

YULIAWATI, Dewi (2012) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SUBSISTEM AGRIBISNIS BANDENG(Chanos-chanos) PRESTO DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
500Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan berdaya saing, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi, menilai faktor-faktor internal perusahaan dan faktor-faktor eksternal lingkungan yang mempengaruhi. Alat analisis yang digunakan adalah SWOT dengan teknik analisa EFAS/ ETOP untuk mengetahui peluang akses yang berguna untuk pengembangan diri perusahaan dan analisis IFAS/ SAP untuk mengetahui keunggulan strategis yang dimiliki perusahaan. Penelitian dilakukan dengan metode survei, di Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus sampai September 2011.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Quota Sampling, secara bertingkat/berstrata, dengan jumlah sampel usaha mikro 24 pengolah, usaha kecil 12 pengolah, usaha menengah 2 pengolah. Hasil Analisis SWOT: posisi UMKM berada pada kuadran I yaitu Strategi Agresif, yang merupakan situasi yang menguntungkan dalam agribisnis Pengolahan Bandeng Presto. Strategi Agresif merupakan strategi yang menguntungkan karena terdapat banyak peluang (oportunity) yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM dengan menggunakan kekuatan (strength) internalnya, sehingga didapat hasil yang optimal dalam pemasaran bandeng presto. Rekomendasi Strategi yang sesuai dengan kondisi UMKM skala mikro dan kecil saat ini adalah: pembuatan sentra bandeng presto, meningkatkan kualitas produk dengan penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan produk, pembangunan rumah kemasan, diversifikasi dan inovasi produk, meningkatkan promosi penjualan, meningkatkan kualitas SDM. Rekomendasi Strategi yang sesuai dengan kondisi UMKM skala menengah saat ini adalah: meningkatkan kualitas produk dengan jaminan mutu dan keamanan, meningkatkan status UMKM dengan sertifikasi, membuka cabang, melakukan ekspor. Kata Kunci: Bandeng Presto, Strategi Pemasaran, SWOT, Faktor Internal, Faktor Eksternal The aims of the research are to observe suitable and competitive marketing strategy, by identifying, estimating the influencing internal and external factors of the enterprise. The analysis tools which is used in the research is SWOT by EFAS/ETOP analyzing technique in order to find out the access opportunity, which is useful for developing the enterprise and IFAS/SAP analyzing technique in order to understand the best strategic which is owned by the enterprise. The research is done by survey method in Semarang City. This research was carried from August – September 2011. The sample is taken by Stratified Quota Sampling, with the sample amount of micro enterprise are 24 processors, small enterprise are 12 processors, and medium enterprise are 2 processors. The SWOT analysis result showed that : micro, small, medium enterprises position is on the first quadrant, it is an Aggressive Strategy which is a situation that benefits toward the softed boned milk fish agribusiness manufacture. The aggressive strategy is a beneficial strategy because it is able to give many opportunities which can be used by micro, small, medium enterprises by applying its internal strength, therefor an optimum result can be reached in micro, small, medium enterprises marketing. The strategy recommendations that suit the small and micro scale, micro, small, medium enterprises today are the making of softed boned milk fish center, the increasing of the product quality by applying quality and safety guarantee system, the building of the packing facilities, diversification and innovation product, upgrading of selling promotion, increasing of human resource quality. The recommendation strategy suit the condition of middle scale , micro, small, medium enterprises today are increasing the product quality by safety and quality guarantee, increasing the micro, small, medium enterprises status by sertification, opening branches, and exporting the product. Key Word: Softed Boned Milk Fish, Marketing Strategy, SWOT, Internal Factor, External Factor

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Agribusiness
ID Code:42338
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Feb 2014 09:25
Last Modified:20 Feb 2014 09:25

Repository Staff Only: item control page