KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK SEBUAH DINAMOMETER SASIS ARUS EDDY

PRASETIYO, Budhi (2012) KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK SEBUAH DINAMOMETER SASIS ARUS EDDY. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
2579Kb

Abstract

Dinamometer arus Eddy adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur torsi (torque) dan daya yang dihasilkan oleh suatu kendaraan bermotor dengan prinsip pengereman medan magnet. Dinamometer yang dirancang untuk dapat diatur disebut dinamometer absorbsi/penyerap. Tujuan dari eksperimen ini adalah membuat sebuah dynamometer sasis arus Eddy, menentukan temperatur maksimum pada rotor dinamometer, mengetahui hubungan antara beban dinamometer terhadap daya input yang diperlukan, mendapatkan kurva hubungan torsi dan daya terhadap putaran kendaraan dan memberikan saran-saran untuk meningkatkan unjuk kerja dinamometer. Untuk mengukur daya dan torsi, digunakan timbangan pegas yang dikaitkan pada lengan yang terhubung dengan stator dinamometer, sedangkan pengukuran temperatur menggunakan Termometer Infra Merah yang ditembakkan kebagian titik-titik rotor dan stator yang diukur yaitu poros, plat sudu, plat rangka, coil dan alumunium ”housing”. Dinamometer arus Eddy ini dibuat dengan kemampuan 130 KW 4000 rpm untuk diamati karakteristiknya dengan pengujian menggunakan kendaraan KIA Picanto dengan spesifikasi 1000 CC, torsi 9,9 kg.m. Dari pengujian menunjukkan bahwa data hasil yang diperoleh tidak berbeda dengan data spesifikasi dari mobil KIA Picanto, maka dinamometer yang dibuat mampu digunakan untuk menguji mobil Picanto. Sedangkan dari hasil pengukuran temperatur plat rangka rugi-rugi dengan 12 sudu pendingin ternyata panas maksimum yang dihasilkan pada arus 40 A yaitu sebesar 111oC masih aman dalam eksperimen ini. Kata kunci : Dinamometer, arus Eddy, torsi, panas maksimum. Dynamometer is a device used to measure torque (torque) and the power generated by the motor vehicle to the principle of magnetic braking. Dynamometer that is designed to be set up so-called absorption dynamometer / absorber. The purpose of this experiment is to make a chassis dynamometer Eddy currents, determine the maximum temperature in the rotor dynamometer, dynamometer load determine the relationship between the input power required, get the torque and power curve relationship to the vehicle lap and give suggestions to improve the performance of the dynamometer. To measure power and torque, used spring scales are attached to the arm that is connected to the stator dynamometer, while the temperature measurement using IR thermometers gets fired dots rotor and stator are measured by the shaft, blade plate, license plate frame, coil and aluminum "housing ". Eddy current dynamometer is made with 130 KW capacity 4000 rpm for the observed characteristics of the test vehicles KIA Picanto 1000 CC specifications, torque 9.9 kg.m. From the test results show that the data obtained are not different from the data specification of KIA Picanto car, the dynamometer which is capable of being used to test the Picanto cars. While the results of temperature measurement plate frame losses with 12 blades cooling turns maximum heat generated at 40 A current is equal to 111oC still safe in this experiment. Keywords: dynamometer, eddy current, torque, maximum heat.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Mechanical Engineering
ID Code:42277
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2014 09:12
Last Modified:18 Feb 2014 09:12

Repository Staff Only: item control page