PENGARUH BATASAN FISIK LINGKUNGAN PERUMAHAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT (Studi Kasus: Perumahan Srondol Bumi Indah dan Perumnas Banyumanik)

NINGRUM, Dewi Kusuma and DEWI, Santy Paulla (2010) PENGARUH BATASAN FISIK LINGKUNGAN PERUMAHAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT (Studi Kasus: Perumahan Srondol Bumi Indah dan Perumnas Banyumanik). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

38Mb

Abstract

Pembangunan perumahan di Kota Semarang telah berkembang ke arah pinggiran kota. Kecamatan Banyumanik merupakan salah satu tujuan permukiman di kawasan pinggiran. Hal ini terbukti dari meningkatnya lahan terbangun, terutama untuk pembangunan perumahan dengan jenis yang berbeda-beda. Perumahan-perumahan baru biasanya memberikan batasan fisik berupa pagar atau tembok di sekeliling lingkungan perumahannya dan dilengkapi pula sistem keamanan di pintu masuknya. Perumahan dengan bentukan fisik seperti itu disebut pula ‘Gated Community’. Konsep inilah yang diterapkan di Perumahan Srondol Bumi Indah. Perumahan ini dikelilingi tembok pembatas dan aksesnya diawasi oleh petugas keamanan pada masing-masing pintu masuknya. Kondisi ini berbeda dengan di Perumnas Banyumanik yang tidak memiliki batas fisik yang menunjukkan batasan kawasan perumnas, sehingga sulit mengenali area yang berada di perbatasan wilayah administrasi Perumnas Banyumanik karena tampak menyatu dengan perkampungan di sekitarnya. Tentunya perbedaan kondisi fisik ini mempengaruhi kondisi sosial masyarakatnya. Untuk itu, dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh batasan fisik lingkungan perumahan terhadap interaksi sosial masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:42220
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:13 Feb 2014 12:39
Last Modified:14 Jul 2014 10:52

Repository Staff Only: item control page