ANALISIS PENYISIHAN KADAR COD, BOD dan TSS Pada LIMBAH LAUNDRY menggunakan ALAT ELEKTROKOAGULASI ( Studi Kasus : Limbah Cair Industri Laundry Rumah Cuci Tembalang, Semarang)

Syahputra Nuari , Harry (2012) ANALISIS PENYISIHAN KADAR COD, BOD dan TSS Pada LIMBAH LAUNDRY menggunakan ALAT ELEKTROKOAGULASI ( Studi Kasus : Limbah Cair Industri Laundry Rumah Cuci Tembalang, Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
454Kb

Abstract

ABSTRAK Elektrokoagulasi merupakan suatu proses koagulasi kontinyu dengan menggunakan arus listrik searah melalui peristiwa elektrokimia. Dalam proses ini akan terjadi proses reaksi reduksi oksidasi, yaitu limbah yang mengandung logam-logam akan direduksi dan diendapkan di kutup negatif (Al) sedangkan elektroda positif (Fe) akan teroksidasi menjadi [Fe(OH)3] yang berfungsi sebagai kogulan.Penelitian ini bertujuan mengetahui penurunan kadar BOD, COD dan TSS pada limbah cair industri laundry menggunankan alat elektrokoagulasi serta mengetahui besarnya efisiensi penurunan tersebut. Penelitian ini dilakukan secara kontinyu, dengan waktu kontak 0, 15, 30, 45, dan 60 menit serta arus listrik 15 volt 12 Ampere. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin bertambah waktu kontak limbah cair dengan reaktor elektrokoagulasi, konsentrasi semakin berkurang. Penurunan terbesar terjadi pada waktu kontak 60 menit. Konsentrasi BOD hasil elektrokoagulasi sebesar 14.6150mg/l dengan efisiensi penyisihan sebesar 28.84 %. Konsentrasi COD hasil elektrokoagulasi sebesar 19.83mg/l, efisiensi penyisihan sebesar 53.25 %. Sedangkan konsentrasi TSS hasil elektrokoagulasi sebesar 161.00 mg/l dengan efisiensi penyisihan sebesar 48.56%. Kata kunci : Elektrokoagulasi, COD, BOD, TSS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:42148
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:12 Feb 2014 09:45
Last Modified:12 Feb 2014 09:45

Repository Staff Only: item control page