Krisniawati, Novi and riyanto , bambang and Siswanto, Joko (2014) ANALISIS KELAYAKAN PENINGKATAN FUNGSI JALAN LINTAS SELATAN JAWA TENGAH DI KOTA CILACAP. Masters thesis, Magister Teknik Sipil.
| PDF 786Kb | |
| PDF 3214Kb | |
| PDF 797Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 2312Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 13Kb |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peningkatan JJLS (Jaringan Jalan Lintas Selatan) Jawa Tengah yang melintasi jalan di Kota Cilacap tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta dan Tentara Pelajar. Rencana peningkatan struktur JJLS Jawa Tengah sebagai proyek pemerintah, dalam perhitungan analisis kelayakan lebih menekankan pada pengembangan daerah wilayah yang dibangun. Selain itu juga dengan adanya peningkatan jalan lintas selatan Jawa Tengah ini dimaksudkan agar masyarakat terutama pemakai jalan mendapatkan kenyamanan, kelancaran dan keamanan selama melintasi jalan tersebut. Dan untuk penelitian ini menggunakan analisis kelayakan dengan perhitungan BK BOK. Angka pertumbuhan lalu lintas di jalan utama Kota Cilacap yang rata-rata sebesar 3% - 4% per tahun dan kapasitas jalan yang tetap akan mengakibatkan kurang maksimal fungsi jalan sebagai sarana transportasi yang handal. Sehingga perlu adanya peningkatan struktur jalan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi kinerja jalan setelah adanya peningkatan struktur jalan, menganalisis BOK, BK BOK dan nilai waktu, menganalisis biaya dan manfaat dan juga menganalisis kelayakan ekonomi. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menganalisis kinerja jalan baik sebelum dan sesudah adanya peningkatan jalan kemudian menganalisis biaya dan keuntungan dari peningkatan jalan juga menganalisis kelayakan ekonomi dengan tiga parameter (NPV, BCR dan EIRR) kemudian menganalisis sensitivitas. Hasil penelitian peningkatan struktur jalan diprediksi kinerja jalan pada kecepatan arus bebas dan kapasitas meningkat. Dan derajat kejenuhan setelah adanya peningkatan fungsi jalan menunjukkan hasil yang baik, yaitu nilainya semakin berkurang dari kondisi faktual. Sedangkan BOK setelah ada peningkatan jalan mengalami penurunan. Hal ini mengakibatkan adanya Besar Keuntungan BOK (BK BOK). Dari analisis kelayakan ekonomi pada tiga parameter menunjukkan nilai NPV positif, BCR diatas 1 dan EIRR > Social Discount Rate. Sehingga Peningkatan Jalan Utama Kota Cilacap menjadi Jalan Lintas Selatan Jawa Tengah dinyatakan layak untuk dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan jalan, analisis kelayakan, BK BOK, NPV, BCR, EIRR |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering |
ID Code: | 42088 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 11 Feb 2014 10:05 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 12:04 |
Repository Staff Only: item control page