STUDI KOMPARASI PERAN KELEMBAGAAN DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM ) BERBASIS HUNIAN DI KASONGAN DENGAN PUNDONG, YOGYAKARTA

SUSANTI, Retno and TYAS, Wido Prananing (2010) STUDI KOMPARASI PERAN KELEMBAGAAN DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM ) BERBASIS HUNIAN DI KASONGAN DENGAN PUNDONG, YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2424Kb

Abstract

Hunian tidak hanya berungsi sebagai tempat tinggal tetapi juga menghasilkan pendapatan bagi sebagian masyarakat. Dalam penelitian ini hunian digunakan dalam melakukan usaha industri gerabah yang merupakan kerajinan turun temurun dari nenek moyang. Kegiatan usaha dilakukan dengan menggunakan sebagian ruang dalam hunian baik itu dapur, ruang tamu, halaman rumah dan sekitar ruang lainnya yang ada di sekitar rumah. UMKM merupakan suatu pilar ekonomi nasional yang dapat membuka peluang bagi seluruh masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah dalam mengembangkan potensi lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM memiliki peranan yang sangat strategis dan penting ditinjau dari berbagai aspek, seperti aspek ekonomi dan sosial. Potensinya dalam menyerap tenaga kerja yang besar dan berpotensi dalam memberikan kontribusi kepada pemerintah. Dalam perkembangan UMKM dipengaruhi oleh kondisi kelembagaan yang ada dan peran serta masyarakat. Kelembagaan di definisikan sebagai sekumpulan jaringan dari relasi sosial yang melibatkan orang-orang tertentu, memiliki tujuan tertentu, memiliki aturan dan norma, serta memiliki struktur. Kelembagaan dapat berbentuk sebuah relasi sosial yang melembaga ( non formal institution ) , atau dapat berupa lembaga dengan struktur dan badan hukum ( formal institution ) . Menegaskan pentingnya peran kelembagaan, kesamaan komitmen dan sinergi antara pemerintah setempat dengan masyarakat untuk mengembangkan potensi lokal merupakan faktor yang sangat menentukan, terutama dalam konteks pengembangan usaha.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:42082
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:11 Feb 2014 09:55
Last Modified:14 Jul 2014 11:55

Repository Staff Only: item control page