EVALUASI KEBERHASILAN PROGRAM AIR MINUM DAN SANITASI (PAMSIMAS) DI KABUPATEN TEGAL DAN KABUPATEN BREBES

kholiq, abdul and Suharyanto, Suharyanto and SYAFRUDIN, SYAFRUDIN (2014) EVALUASI KEBERHASILAN PROGRAM AIR MINUM DAN SANITASI (PAMSIMAS) DI KABUPATEN TEGAL DAN KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Magister Teknik Sipil.

[img]
Preview
PDF
20Kb
[img]
Preview
PDF
51Kb
[img]
Preview
PDF
150Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

204Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

222Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

44Kb

Abstract

Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat merupakan salah satu Program yang dilaksanakan pemerintah untuk membantu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penyediaan air minum serta mengatasi masalah sanitasi. Dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih, Pemerintah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes mendapatkan bantuan Program Air Minum dan Sanitasi (PAMSIMAS) untuk membangun prasarana penyedian air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan yang akses air bersihnya rendah terutama di daerah yang belum terjangkau pelayanan PDAM. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi keberhasilan pelayanan dan kinerja pengelolaan air bersih berbasis masyarakat melalui Program PAMSIMAS. Tujuan berikutnya yaitu melakukan Analisa SWOT untuk perumusan rencana strategis agar Program PAMSIMAS dapat berkesinambungan dalam pemenuhan akan air bersih. Tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengukur kepuasan masyarakat terhadap Program PAMSIMAS di Desa Jejeg dan Desa Karang Mulya Kabupaten Tegal, serta Desa Cilibur dan Desa Bentar Kabupaten Brebes dengan acuan normatif penilaian kinerja PDAM berdasarkan Kepmendagri No.47 Tahun 1999. Faktor-faktor kepuasan masyarakat diukur berdasarkan penilaian atas kemampuan terhadap tingkat pengelolaan air bersih, yaitu; 1). Kecukupan pemakaian air, 2). Kontinuitas air, 3). Kualitas air, 4). Penanganan pengaduan teknis dan 5). Sikap petugas badan pengelola terhadap masyarakat. Hasil analisis penilaian kinerja Badan Pengelola Program PAMSIMAS di Desa Jejeg dan Desa Karang Mulya di Kabupaten Tegal serta Desa Cilibur dan Desa Bentar di Kabupaten Brebes berdasarkan acuan normatif dan analisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih di Kabupaten Brebes sebesar 3,60 dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih di kabupaten Tegal sebesar 3,79. Nilai tingkat kepuasan pelanggan ini, termasuk kategori kepuasan tinggi (3,00–4,00). Penilaian kinerja pelayanan air bersih d i De s a Cil ib u r d a n De s a Be nt a r Kab u p at e n Br eb e s berdasarkan acuan normatif, Kepmendagri No. 47 tahun 1999 tingkat keberhasilan Pelayanan air bersih dengan nilai skor >45–60. Maka Program PAMSIMAS di Kabupaten Brebes Kategori Kinerja Baik. Dan untuk Desa Jejeg dan Desa Karang Mulya Kabupaten Tegal penilaian kinerja sebesar 64,44 dengan kategori Baik dengan nilai skor > 60. Dari hasil analisis ini, Program PAMSIMAS di Kabupaten Tegal dan Brebes di indikasikan sebagai Program penyediaan dan pengelolaan air bersih yang cukup memenuhi pada tingkat kinerja pelayanan yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats), kekuatan kinerja Badan Pengelola Kabupaten Tegal dan Brebes menunjukkan posisi pada Kuadran I yang dipengaruhi oleh strength (kekuatan) dan threat (ancaman), yaitu untuk meningkatkan kapasitas pelayanan air bersih masyarakat harus disesuaikan dengan karakteristik masyarakat setempat.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kepuasan Pelanggan, Kinerja Badan Pengelola PAMSIMAS, Program PAMSIMAS
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering
ID Code:42077
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Feb 2014 08:37
Last Modified:11 Feb 2014 08:42

Repository Staff Only: item control page