PEMBANGUNAN MODEL KERUANGAN UNTUK IDENTIFIKASI KAWASAN RAWAN EROSI DI WILAYAH PESISIR (STUDI KASUS: KABUPATEN KULON PROGO)

NAGARA, Rakyan Paksi and BUCHORI, Imam (2013) PEMBANGUNAN MODEL KERUANGAN UNTUK IDENTIFIKASI KAWASAN RAWAN EROSI DI WILAYAH PESISIR (STUDI KASUS: KABUPATEN KULON PROGO). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

7Mb

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau dan terletak pada pertemuan dua lempeng benua. Adanya pertemuan lempeng yang saling bertumbukan menyebabkan munculnya kawasan bergelombang pada bagian daratan. Kawasan bergelombang dapat berupa perbukitan hingga pegunungan. Kawasan bergelombang tersebut tentunya memiliki kelerengan yang curam. Kondisi ini menyebabkan kawasan tersebut memiliki ancaman bencana erosi. Erosi yang terjadi secara alami tidak berbahaya dan menyebabkan degradasi lingkungan. Di sisi lain, kehadiran manusia dapat menyebabkan erosi menjadi dipercepat. Fenomena ini terjadi akibat dari pemanfaatan lahan oleh manusia untuk kegiatan ekonomi, sosial, kebudayaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, perlu ada upaya antisipasi terhadap ancaman erosi yang terjadi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:42056
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Feb 2014 14:15
Last Modified:15 Jul 2014 13:35

Repository Staff Only: item control page