PENGARUH TERPAAN PUBLISITAS, DESAIN IKLAN, CITRA DAN SIKAP TERHADAP MINAT KULIAH SISWA SMA DI KOTA SEMARANG: STUDI UNISSULA SEMARANG

Wafqi, Ajroh (2013) PENGARUH TERPAAN PUBLISITAS, DESAIN IKLAN, CITRA DAN SIKAP TERHADAP MINAT KULIAH SISWA SMA DI KOTA SEMARANG: STUDI UNISSULA SEMARANG. Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
622Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
527Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
246Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
499Kb

Abstract

ABSTRAK PENGARUH TERPAAN PUBLISITAS, DESAIN IKLAN, CITRA DAN SIKAP TERHADAP MINAT KULIAH SISWA SMA DI KOTA SEMARANG: STUDI UNISSULA SEMARANG Pendidikan merupakan suatu hal yang mempunyai prioritas penting saat ini. Pendidikan yang baik bisa dijadikan modal investasi masa depan, hal ini berdasarkan manfaat dari pendidikan. Pendidikan yang berkualitas sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang, pendidikan yang baik dapat menentukan karir seseorang dalam dunia kerja sehingga menjadi lebih professional. Jumlah perguruan tinggi yang banyak jika dilihat dari perspektif perguruan tinggi akan menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa. Berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki perguruan tinggi akan dikerahkan semaksimal mungkin dan menjadi nilai jual yang positif tetapi sebaliknya perguruan tinggi yang tidak mampu dan tidak memiliki daya saing akan merasakan dampak dari persaingan ini berupa kurangnya jumlah mahasiswa. Target penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Sultan Agung untuk daerah Semarang sebesar 25% dari daya tampung yang disediakan tetapi pada kenyataanya jumlah mahasiswa baru dari Kota Semarang tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui terpaan publisitas, desain iklan dan citra Unissula terhadap minat mendaftar kuliah di Unissula dengan sikap sebagai variabel intervening. Tipe penelitian ini bersifat eksplanatif. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran penelitian. Analisis kuantitatif merupakan analisis pengolahan data yang berbentuk angka-angka. Teknik pengambilan sampel dengan cara proporsional random sampling, adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Proses analisis data dengan menggunakan regression linier dengan bantuan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa semua variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap variabel sikap dan minat secara signifikan kecuali varabel terapaan publisitas. Ada pengaruh antara variabel terpaan publisitas terhadap minat tetapi tidak signifikan sehingga semakin tinggi terpaan publisitas tidak akan mempengaruhi minat siswa terhadap Unissula.Variabel desain iklan mempunyai pengaruh terhadap variabel minat sehingga semakin baik tampilan desain iklan Unissula akan semakin positif minat siswa terhadap Unissula. Variabel sikap sebagai variabel intervening dalam penelitian ini tidak dapat dibuktikan tetapi variabel sikap berfungsi sebagai variabel moderasi Pengaruh variabel secara gabungan antara variabel terpaan publisitas, desain iklan dan citra terhadap minat sebesar 27,9% sedangkan pengaruh variabel terpaan publisitas, desain iklan, citra dan sikap sebagai variabel intervening terhadap minat kuliah siswa SMA di Kota Semarang sebesar 39,3%. Kata kunci: publisitas, iklan, citra, sikap, minat Abstract EFFECT exposure PUBLICITY, ADVERTISING, IMAGE and ATTITUDE DESIGN OF INTEREST IN THE CITY OF COLLEGE STUDENTS High School Semarang: STUDY UNISSULA Semarang Education is an important thing to have priority at this time. Good education could be used as a future capital investment, it is based on the benefits of education. Quality education is very beneficial for a person's life, a good education can determine one's career in the world of work so that it becomes more professional. The number of colleges that much when viewed from the perspective of the college will lead to intense competition in getting prospective students. Various potential and advantages of the college will be deployed as much as possible and be a positive selling point but otherwise could not afford college and do not have the competitiveness will be affected by a lack of competition is the number of students. Target new admissions Sultan Agung Islamic University in Semarang at 25 % of capacity supplied but in fact the number of new students from the city of Semarang is not in line with expectations. The purpose of this study was Knowing exposure to publicity, advertising design and image Unissula to register interest in Unissula college with attitudes as an intervening variable. This type of research is explanative. This study uses quantitative data analysis that aims to validate the study. Quantitative analysis is an analysis of data processing in the form of numbers. Sampling technique with proportional random sampling method, which is used as much as for the sample of 100 respondents. The process of data analysis using linear regression with SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Overall, the study concluded that all independent variables have an influence on the attitudes and interests of variables significantly unless varabel terapaan publicity. No effect between exposure variables publicity against interest but not significantly so the higher exposure to publicity will not affect students' interest towards Unissula. Advertising design variables have an influence on the variable of interest so that the better the display advertising design will be more positive Unissula students' interest towards Unissula.Variable attitudes as an intervening variable in this study can not be proved but the attitude variable serves as a moderating variable. Effect of variables for combinations of variable exposure to publicity, advertising design and image of the interests of 27.9 %, while the effect of variable exposure to publicity, advertising design, image and attitudes as an intervening variable to interest high school students college in the city of Semarang at 39.3 %. Keywords : publicity, advertising, image, attitude, interest

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:42014
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2014 19:58
Last Modified:16 Dec 2015 16:50

Repository Staff Only: item control page