Pengaruh Terpaan Kampanye Sosial dan Role Model Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Akademik Mahasiswa dan Mahasiswi IKIP PGRI Semarang Angkatan 2012

Teddy, Dyatmika (2013) Pengaruh Terpaan Kampanye Sosial dan Role Model Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Akademik Mahasiswa dan Mahasiswi IKIP PGRI Semarang Angkatan 2012. Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
135Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
222Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
54Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
489Kb

Abstract

Abstrak IKIP PGRI Semarang adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang dipercaya pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh IKIP PGRI Semarang untuk menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah. Kampanye sosial dilakukan melalui berbagai cara baik melalui kurikulum, media cetak elektronik maupun melalui model yang diperagakan oleh seluruh pegawai IKIP PGRI Semarang. Akan tetapi perilaku akademik yang menyimpang masih sering ditemui di kampus IKIP PGRI Semarang. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh terpaan kampanye sosial dan role model pendidikan karakter terhadap perilaku akademik mahasiswa-mahasiswi IKIP PGRI Semarang angkatan 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif secara eksplanatif dengan menggunakan paradigma positivistik. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori atribusi, teori penilaian sosial dan teori pembelajaran sosial. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 339 dari populasi sebanyak 2221 mahasiswa dan mahasiswi IKIP PGRI Semarang yang terbagi secara proporsional dari 10 program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara terpaan kampanye sosial pendidikan karakter terhadap perilaku akademik sebesar 64,2%. Begitu juga dengan hubungan yang ditunjukan role model pendidikan karakter terhadap perilaku akademik dengan presentasi sebesar 65,5%. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan oleh terpaan kampanye sosial dan role model pendidikan karakter terhadap perilaku akademik mahasiswa-mahasiswi IKIP PGRI Semarang angkatan 2012 adalah 53,5%. Artinya masih ada 46,5% variabel lain yang mempengaruhi perilaku mahasiswa-mahasiswi IKIP PGRI Semarang angkatan 2012. Kata kunci : Perilaku, Kampanye Sosial, role model Abstrac IKIP PGRI Semarang is Workforce Education Institutions whose trusted by the government through the Directorate General of Higher Education as a character education model in university. Various attempts have been made by the IKIP PGRI Semarang to answer the trust that given by the government. Social campaigns according to it have been done in a variety of ways such as appliance in curriculum, campaign through the electronic or mass media and figure model that was exhibited by all employee of IKIP PGRI Semarang. However, academic deviant behavior still often found in the campus of IKIP PGRI Semarang . This study investigates the effect of social campaigns and role models of character education to academic behavior of IKIP PGRI Semarang students, es. The method that used in this study is quantitative explanatif using positivistic paradigm . The theory is the attribution, social judgment and social learning theory. The number of sample used in this study is 339 from a population of 2221 that divided proportionally in 10 programs study . The results showed that there is a positive relationship between exposure of character education social campaigns and academic behavior with percentage 64.2 %. So is the relationship of a role model of character education and academic behavior, with percentage is 65.5 % . While the percentage of effects that caused by exposure social campaigns and role models of character education to academic behavior of IKIP PGRI Semarang student is 53.5 % . This means that there is 46.5 % of other variables that affect the behavior of IKIP PGRI Semarang student. Key word : behavior, Social campaigns, role model

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:42013
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2014 19:52
Last Modified:16 Dec 2015 16:57

Repository Staff Only: item control page