Perilaku Warga Masyarakat dan Persepsi Masyarakat pada Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Terhadap Perubahan Lingkungan Perumahan Wijaya Kusuma II Demak

Heru Prayitno, - (2013) Perilaku Warga Masyarakat dan Persepsi Masyarakat pada Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Terhadap Perubahan Lingkungan Perumahan Wijaya Kusuma II Demak. Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF
147Kb

Abstract

ABSTRAK Kawasan perumahan Wijaya Kusuma II Demak selama proses penghunian mengalami perubahan lingkungan dengan dampak positif dan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perilaku warga masyarakat, aspek-aspek dominan yang mendorong perilaku, pengelolaan lingkungan dan persepsi masyarakat terhadap kinerja SKPD yang menangani bidang perumahan terhadap perubahan lingkungan kawasan perumahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada setting alamiah (natural setting) dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi/pengamatan, daftar pertanyaan dan wawancara mendalam. Analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan pada makna daripada generalisasi. Proses analisa data dilakukan pada waktu bersamaan dengan proses pengumpulan data berlangsung. Analisa data dilakukan melalui tiga alur, yakni: (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas warga masyarakat kawasan perumahan Wijaya Kusuma II Demak berperilaku menerima perubahan lingkungan dan tetap bertempat tinggal di kawasan perumahan. Aspek-aspek dominan yang mendorong perilaku warga masyarakat adalah pengaruh orang lain yang dianggap penting, media massa dan kebudayaan. Perilaku warga masyarakat sampai saat ini belum menunjukkan perilaku yang berwawasan lingkungan yaitu pemanfaatan pencahayaan dan penghawaan alami pada bangunan rumah sangat sedikit. Pemanfaatan pencahayaan dan penghawaan buatan pada bangunan rumah dominan. Pemasangan bak penampung, kran pelampung dan sower air pada bangunan rumah hanya sedikit. Air limbah bercampur dengan air hujan dan tidak ada pengolahan air limbah. Pemilahan dan pengolahan sampah belum dilakukan. Ruang terbuka banyak beralih fungsi. Penghijauan masih kurang. Pengelolaan lingkungan oleh RT/RW belum optimal. Persepsi masyarakat terhadap kinerja SKPD yang menangani bidang perumahan belum optimal. Saran dari hasil penelitian untuk SKPD yaitu kinerja SKPD harus dioptimalkan melalui capaian hasil kebijakan, program dan kegiatan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh warga masyarakat sehingga persepsi masyarakat terhadap kinerja SKPD meningkat. Saran untuk warga masyarakat yaitu perilaku berwawasan lingkungan agar ditingkatkan. Pengelolaan lingkungan agar melibatkan RT/RW. Kata Kunci : Kawasan perumahan, Perilaku, Warga masyarakat, Pengelolaan lingkungan, Kinerja SKPD.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:41973
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2014 09:36
Last Modified:07 Feb 2014 09:36

Repository Staff Only: item control page