Dampak Perubahan Iklim pada Sumberdaya Perikanan Tangkap di Kecamatan Moro, Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia (Suatu Strategi Adaptasi)

Heni Rindayati , - (2013) Dampak Perubahan Iklim pada Sumberdaya Perikanan Tangkap di Kecamatan Moro, Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia (Suatu Strategi Adaptasi). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF
23Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1934Kb
[img]
Preview
PDF
14Kb
[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb

Abstract

ABSTRAK Iklim berpengaruh pada sumber daya perikanan. Salah satu parameter iklim yang berpengaruh pada sumberdaya perikanan adalah suhu permukaan laut. Perubahan iklim berpengaruh pada siklus organisme dalam ekosistem dan kegiatan nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi perubahan iklim di sekitar Kecamatan Moro Karimun, 2) mengidentifikasi dampak perubahan iklim pada sumberdaya perikanan dengan pendekatan aspek ekologi dan aspek sosio-ekonomi, 3) menggambarkan pemahaman tentang perubahan iklim melalui persepsi dan adaptasi nelayan perikanan tangkap sebagai pelaku utama sektor perikanan, 4) merumuskan strategi adaptasi usaha perikanan tangkap dalam menghadapi perubahan iklim. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Moro Karimun, Kepulauan Riau pada Mei-Juni 2013. Data yang dikumpulkan berupa : time series suhu permukaan laut, produksi perikanan, panjang dan berat ikan, rantai produksi, distribusi dan konsumsi. Survei primer dilakukan dengan metode multi-stage sampling. Wawancara dengan informan juga dilakukan untuk menguraikan strategi yang diusulkan dalam penelitian. Identifikasi perubahan iklim melalui parameter suhu permukaan laut o menunjukkan bahwa perubahan suhu permukaan laut dengan tingkat 0.66 C selama 50 tahun terakhir. Dampak ekologis terhadap pertumbuhan ikan adalah allometrik negatif atau kurang dari 3. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan tidak optimal. Ini mungkin dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Kecenderungan suhu permukaan laut meningkat sementara kecenderungan produksi mengalami penurunan. Studi ini juga menemukan ada perluasan fishing ground di wilayah studi. Namun demikian, perubahan iklim tetap memberikan hasil yang positif pada pulangan ekonomi secara marjinal. Nelayan di daerah penelitian yang merasakan adanya fenomena perubahan iklim dalam aspek produksi, distribusi dan konsumsi. Beberapa upaya adaptasi yang telah dan sedang dilakukan melalui : 1) penganekaragaman alat tangkap, 2) memanfaatkan hubungan sosial, 3) perubahan daerah penangkapan dan 4) diversifikasi sumber pendapatan. Studi ini menunjukkan bahwa strategi adaptasi oleh nelayan dalam perikanan tangkap di daerah penelitian akan lebih efektif dengan menghidupkan kembali kearifan lokal dari masyarakat dan karakteristik sumber daya perikanan. Kata kunci: perubahan iklim, perikanan, sumber daya, adaptasi, Karimun, Indonesia xv

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:41968
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:07 Feb 2014 09:15
Last Modified:07 Feb 2014 09:15

Repository Staff Only: item control page