KAJIAN KARAKTERISTIK PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) YANG MEMPENGARUHI TERGANGGUNYA SIRKULASI LALULINTAS DI JALAN UTAMA PERUMAHAN BUMI TLOGOSARI SEMARANG

MARSHUSH, Ummi Hanifah and KURNIAWATI, Wakhidah (2013) KAJIAN KARAKTERISTIK PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) YANG MEMPENGARUHI TERGANGGUNYA SIRKULASI LALULINTAS DI JALAN UTAMA PERUMAHAN BUMI TLOGOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

6Mb

Abstract

Pertumbuhan Pedagang Kaki Lima (PKL) di perkotaan merupakan fenomena sosial yang tidak dapadihindari. Pertumbuhan PKL ini menyebar di seluruh fungsional kota, salah satunya pada kawasan perumahanPerumahan Bumi Tlogosari merupakan salah satu kawasan yang menjadi daerah pertumbuhan PKL. Di dalamPerumahan ini, PKL tersebar secara linier pada bahu jalan di sepanjang Jalan Tlogosari Raya 1 dan JalanTlogosari Raya 2. Aktivitas PKL yang menggunakan ruang bahu jalan tentu saja akan memberikan dampak padasirkulasi lalulintas yang ada. Hal ini disebabkan karena pada Jalan Tlogosari Raya 1 dan Jalan Tlogosari Raya 2merupakan jalan utama untuk memasuki dan keluar dari perumahan dengan volume lalulintas yang tinggi. Volumelalulintas yang tinggi pada kedua ruas jalan tersebut kemudian membutuhkan kapasitas jalan maksimum. Namunkapasitas jalan yang ada justru terlihat semakin sempit. Hal ini disebabkan karena adanya PKL yang menjadi faktorhambatan samping jalan. Keberadaan PKL ini kemudian akan menyebabkan faktor hambatan samping jalan lainnyaseperti kendaraan parkir konsumen. Berdasarkan pada kondisi yang terjadi tersebut maka dapat dipastikan bahwakeberadaan PKL akan berimplikasi pada terganggunya sirkulasi lalulintas yang ada. Namun, tiap jenis PKL yangada pada ruas jalan tersebut yaitu PKL unprocessed, PKL prepared food, PKL semiprocessed, PKL non food danPKL service memiliki tingkat pengaruh yang berbeda terhadap terganggunya sirkulasi yang ada. Hal ini disebabkankarena karakteristik yang dimiliki oleh tiap jenis PKL tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41940
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:06 Feb 2014 14:27
Last Modified:15 Jul 2014 13:34

Repository Staff Only: item control page