FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN GUNA LAHAN DAN POLA PERKEMBANGAN PERMUKIMAN KAWASAN PINGGIRAN (Studi Kasus: Daerah Gedawang, Kota Semarang)

PUSPITASARI, Nastiti and PRADOTO, Wisnu (2013) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN GUNA LAHAN DAN POLA PERKEMBANGAN PERMUKIMAN KAWASAN PINGGIRAN (Studi Kasus: Daerah Gedawang, Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

859Kb

Abstract

Perkembangan Kota Semarang yang semakin pesat ditandai dengan semakin meluasnyperkembangan kawasan permukiman hingga ke kawasan pinggiran. Perkembangan tersebumampu membawa dampak berupa perubahan guna lahan di kawasan pinggiran, salah satunyadalah Daerah Gedawang. Hal ini sesuai dengan pendapat Catanese (1986:266) bahwa secaralamiah perkembangan lahan di kawasan pinggiran diawali dan didominasi dengan pembangunaperumahan. Seperti halnya yang terjadi di Daerah Gedawang, kegiatan pembangunan perumahamerupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan guna lahan. Menurut Yunus (2008) bentutransformasi spasial di kawasan pinggiran merupakan salah satu bentuk dari urbanisasi (prosberubahnya atribut kedesaan menjadi kekotaan). Dalam kaitannya dengan bentuk pemanfaatalahan, transformasi spasial merupakan proses berubahnya bentuk pemanfaatan lahan yanberorientasi kepentingan kedesaan menjadi bentuk pemanfaatan lahan berorientasi kepentingakekotaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41906
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Feb 2014 10:10
Last Modified:15 Jul 2014 13:46

Repository Staff Only: item control page