KOLABORASI PEMERINTAH DAERAH DENGAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (Studi Kasus: Kelurahan Podosugih, Kota Pekalongan dan Kelurahan Kebondalem, Kabupaten Kendal)

WAHYUDI, Imam and ASNAWI, Asnawi (2013) KOLABORASI PEMERINTAH DAERAH DENGAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS (Studi Kasus: Kelurahan Podosugih, Kota Pekalongan dan Kelurahan Kebondalem, Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2217Kb

Abstract

Keberadaan kawasan kumuh sebagai bentuk kemiskinan dalam dimensi keruangan sudah menjadi permasalahan utama kawasan-kawasan perkotaan di Indonesia. Data statistik menunjukkan bahwa luas kawasan kumuh perkotaan di Indonesia sudah mencapai angka 57.800 Hektar di tahun 2009 dengan pertambahan kantong-kantong permukiman kumuh mencapai 1,37% pertahunnya (BPS, 2011). Banyak pihak mulai menyadari bahwa penyelesaian permasalahan kekumuhan tidak bisa diselesaikan oleh Pemerintah Daerah saja atau masyarakat saja namun perlu adanya kolaborasi dari keduanya. Program PLPBK lahir sebagai salah satu bentuk intervensi yang berupaya membangun kolaborasi antara Pemda dengan masyarakat dalam menata lingkungan tempat tinggal yang kumuh. Sejauh mana keberhasilan pelaksanaan PLPBK kini menjadi pertanyaan mendasar mengenai keberlanjutan pelaksanaan program ini. Untuk itu perlu kiranya dilakukan penelitian untuk mengkaji keefektifan pelaksanaan program dibeberapa lokasi PLPBK.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:41888
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:06 Feb 2014 09:08
Last Modified:15 Jul 2014 14:29

Repository Staff Only: item control page